PEKANBARU - Enam Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Pekanbaru terkonfirmasi positif Covid-19 yang disebabkan virus Corona, Kamis (25/4/2020). Keenam ASN dari Klaster Palembang.

Data dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Pekanbaru, lima diantara ASN ini merupakan bagian dari 27 pasien positif Covid-19 baru yang diumumkan tiga hari terakhir. Adapun rincian pasien tersebut diantaranya:

Pasien D, perempuan, merupakan Sekretaris Camat (Sekcam) Bukit Raya. D tercatat ke pasien positif di Kabupaten Kampar, karena berstatus warga Pandau Permai. Lalu GSN (41), perempuan, warga Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir. Dia adalah istri dari NC, yang diketahui bekerja sebagai kontrak dan bertugas di Palembang. Pasien GSN diumumkan positif Senin lalu.

Selanjutnya NM (43), perempuan, warga Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai. YZ (25), laki-laki, merupakan warga Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai.

NM dan YZ adalah generasi ketiga atau penularan lokal dan merupakan kontak erat dari pasien positif GSN. Kedua pasien tersebut adalah teman sekantor pasien GSN di Kantor Camat Bukit Raya, Pekanbaru.

Kemudian, pasien kelima adalah DOI (24), perempuan, merupakan warga Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai. Pasien terakhir LA (42), perempuan, merupakan warga Kelurahan Rejo Sari, Kecamatan Tenayan Raya. Kedua pasien ini kontak erat dari pasien GSN.

Pasien yang menjadi orang pertama dalam penularan Covid-19 kepada enam ASN ini adalah NC dari Klaster Palembang, yang merupakan suami dari pasien GSN.

"Ini juga menjadi dasar bagi bapak walikota untuk menerapkan work from home (WFH). Bahkan pegawai yang sudah diswab, kita anjurkan WFH sampai hasilnya keluar," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi, Kamis (25/6/2020).***