PEKANBARU - Anggota DPRD Provinsi Riau, Marwan Yohanis, memberikan pembekalan pelatihan kepada 20 orang untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Dapilnya, Inhu - Kuansing, tepatnya di Kecamatan Pasir Penyu dan Lirik.

Dalam pembekalan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Asrizal dan Kabidnya ini, Marwan juga menyerahkan langsung 20 alat pengemas produk.

Dikatakan Marwan, kegiatan ini merupakan hasil dari perjuangannya mengawal aspirasi dalam mengembangkan UMKM di Dapilnya, dan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 14-15 September 2021.

GoRiau Marwan saat memberikan pengara
Marwan saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan.

"Masyarakat disini sudah punya produk, ada produk speeeti Kerispati atau Keripik Pisang Rasa Roti dan ada produk makanan lainnya, Alhamdulillah peserta sangat antusias menerima pembekalan ini," ujar Marwan, Selasa (14/9/2021).

Dengan kemampuan menciptakan kemasan yang praktis, lanjut Marwan, produk yang dibuat oleh masyarakat bisa lebih bersaing dengan produk-produk lain, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat juga.

Tak hanya itu, Marwan juga menyampaikan kepada Kepala Dinas terkait di Inhu supaya semua peserta pelatihan ini dimasukkan ke dalam database pemerintah, tujuannya supaya kemampuan dan alat yang mereka punya bisa dimanfaatkan warga lain.

"Misalnya, ada produk yang belum punya kemasan, dijembatani mereka. Jadi, selain untuk kemasan sendiri, peserta pelatihan juga bisa membuatkan kemasan untuk yang lain," tuturnya.

Alat pengemas ini, jelasnya, membuat produk yang diciptakan masyarakat menjadi lebih mudah dikemas dan dibuka. Sehingga, dia meyakini produk masyarakat bisa mencapai pasar yang lebih luas.

"Kalau dulu kan produk mereka cuma pakai lilin, membukanya pun harus pakai gigi. Sekarang, produk mereka seperti kemasan modern, tinggal robek dikit langsung terbuka," tutupnya. ***