BOGOR - Para dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) turun gunung. Bekerjasama dengan aparatur Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mereka melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Bojong Koneng.

PKM yang diselenggarakan selama dua hari yakni 7-8 September 2021 itu meliputi beberapa kegiatan yaitu Penyuluhan, Sosialisasi cabang olahraga, dan Pemeriksaan Kesehatan. 

Pada hari pertama peserta diberikan beberapa materi penyuluhan di antaranya penyuluhan “Olahraga Yang Benar Pada Masyarakat” yang dibawakan oleh Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM., 
“Pola Hidup Sehat Dengan Latihan Fisik di Masa Pandemi” yang dibawakan oleh Dr. Sri Nuraini, M.Pd (Anggota Kuswahyudi, S.Or., M.Pd dan M. Ilham, M.Pd) dan kegiatan Sosialisasi di antaranya. Kemudian "Media Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Digital Platform" yang dibawakan oleh drg. Marlinda Budiningsih, M.Pd (Anggota M. Arif, M.Pd),  
Dilanjutkan dengan "Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat" yang dibawakan oleh Dr. Aan Wasan, M.Si dan "Teknis Pengukuran Kebugaran Jasmani Masyarakat" yang dibawakan oleh Kuswahyudi, S.Or., M.Pd.

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan pengukuran. Pada rangkaian kegiatan Sosialisasi antara lain “Edukasi Olahraga Sebagai Pencegahan Penyakit Pada Otak dan Jantung” yang dibawakan oleh dr. Bazzar Ari Mighra, Sp.N, “Edukasi Akupresur Mandiri Untuk Masalah Kesehatan Selama Pandemi Covid-19” yang dibawakan oleh dr. Wahyuningsih Djaali, M Biomed, dan sosialisasi “Cabang Olahraga Petanque” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or. Ditutup dengan Pengukuran Komposisi Tubuh Masyarakat yang dibawakan oleh Dr. Yasep Setiakarnawijaya, SKM., M.Kes.

Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, memakai masker dan faceshield, dan kursi berjarak 1 meter diantara setiap peserta. 

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini, dan berharap bisa dilaksanakan kembali pada tahun depan. “Kami akan berkordinasi dengan pihak aparatur desa mengenai materi-materi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, agar kegiatan bisa tepat sasaran dan memberikan dampak positif untuk para warga sehingga diharapkan desa Bojong Koneng dapat menjadi desa binaan FIK UNJ ke depannya” ujar Dr. Yasep, selaku Koordinator Prodi Ilmu Keolahragaan FIK UNJ. ***