PANGKALAN KERINCI -Dua Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

Penghargaan tersebut berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Menjadi kado indah diakhir tahun 2021.

SK Menteri LHK Nomor: 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2021, menetapkan dua sekolah di Kabupaten Pelalawan.

Kedua sekolah itu adalah, SDS Global Andalan Estate Ukui, Kecamatan Ukui dan SDS Global Andalan Estate Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

GoRiau Kepala DLH Pelalawan, Eko Novi
Kepala DLH Pelalawan, Eko Novitra. (foto-farikhin)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan, Eko Novitra, Selasa (28/12/2022) mengatakan, seleksi sekolah Adiwiyata merupakan agenda rutin setiap tahun.

"Dalam rangka mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup dan peningkatan kualitas lingkungan hidup, pemerintah telah menyelenggarakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah," ungkapnya.

Menurutnya ada sejumlah aspek yang menjadi kriteria penilaian oleh tim pusat, diantaranya aspek kebijakan sekolah yang menyangkut wawasan lingkungan hidup.

"Bahwa berdasarkan ketentuan peraturan Menteri LHK Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah diberikan penghargaan," tandas Eko Novitra, kepada GoRiau.com***