SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dua pos pengamanan Operasi Lilin 2013 disiagakan di wilayah hukum Polres Kepulauan Meranti menjelang Natal dan Tahun Baru 2014. Selain Pos Pengamanan, Dua Kapal Patroli Ditpolair Baharkam Polri (KP Kresna-7004 dan KP Kedidi) yang bertugas diwilayah Hukum perairan Polda Riau juga telah disiaga di Perairan Wilayah Kepulauan Meranti.


Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Sabtu (21/12/2013) kemarin menyebutkan, dua pos pengamanan Operasi Lilin 2013 yang disiagakan yakni di Pelabuhan Tanjung Harapan dan di Taman Cik Puan Jalan Merdeka, Kota Selatpanjang.


Sedangkan personil yang disiagakan di masing-masing pos tersebut, diantaranya 7 personil Polres Kepulauan Meranti, 1 personil TNI, 4 personil Dishub, 2 personil Diskes, dan 4 personil Satpol PP.


"Untuk perayaan Natal, jumlah gereja yang mendapat pengamanan di wilayah hukum kita ini yakni sebanyak 15 lokasi gereja, dengan lokasi yang tersebar dibeberapa Kecamatan se Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap Pandra.


Melihat wilayah Kepulauan Meranti yang merupakan Wilayah perbatasan yang berada dibarisan depan, lanjut Pandra, selain Pos Pengamanan, Dua Kapal Patroli Ditpolair Baharkam Polri (KP Kresna-7004 dan KP Kedidi) yang bertugas diwilayah Hukum perairan Polda Riau juga telah disiaga di Perairan Wilayah Kepulauan Meranti.


Keberadaan KP Kresna-7004 dan KP Kedidi yang dikomandankan, Kompol Darsuki dan IPTU Agung itu, Kata Pandra, merupakan tindak lanjut dari Surat perintah Ditpolair Baharkam Polri yang menugaskan dua kapal tersebut untuk berada wilayah Perairan Kabupaten Kepulauan Meranti yang berada tepat diperbatasan beberapa Negara asing dan Provinsi Kepri dengan jumlah arus penumpang yang cukup banyak.


"Kedua Komandan Kapal Patroli itu sudah menghadap ke saya, dan siap suatu saat untuk mengback-up kegiatan-kegiatan didalam mengamankan Ops Lilin 2013 yang kita lakukan ini, terutama diwilayah perairan,"Jelas Mantan Ajudan Polri Sutanto tersebut.***