SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pelayanan kesehatan merupakan hak asasi manusia yang harus diperhatikan pemerintah. Jaminan untuk hidup sehat sudah diatur dalam UUD 1945. Untuk itu, pelayanan kesehatan harus diutamakan.

"Sebab, pelayanan kesehatan ini, merupakan salah satu visi Pemkab Siak yang harus diberikan kepada masyarakat," ujar Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi saat meresmikan Puskesmas Kecamatan Siak, Senin (23/12/2013).

Bupati mengatakan, sudah sepantasnya Puskesmas Siak ini dibangun. Sebab, Puskesmas lama yang berada di pasar tidak layak dijadikan Puskesmas. "Untuk lahan parkir saja, itu tak ada, gimana mau memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Syamsuar.

"Kalau disini, ini pas lokasinya. Dekat perempatan dan lahan masih banyak kosong. Pas untuk melakukan pengembangan," sambung Bupati. Syamsuar menjelaskan, Pemkab Siak komit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal itu ditunjukkan dengan pembangunan berbagai gedung Puskesmas, Puskesdes yang ada di Kabupaten Siak.

"Bahkan, penyelenggara kesehatan yang ada diinstansi terkait kita angkat sebagai PNS. Ini demi kesejahteraan tenaga kesehatan tersebut," tegas Syamsuar.

Syamsuar menyadari, Puskesmas sebagai garda terdepan pembangunan kesehatan. Untuk itu, Bupati minta pelayanan kesehatan diberikan berdasarkan sebuah konsep. Dimana, perlunya pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.

"Mutu tersebut, bisa kita lihat dari tingkat kesehatan masyarakat," katanya.

Untuk 2014, Syamsuar berharap seluruh Puskesmas yang berada di Siak dijadikan Puskesmas 24 Jam. Hal itu menunjang pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS. "Kami siap memberikan fasilitas yang dibutuhkan Puskesmas," katanya.

"Jika, Puskesmas kita dijadikan sebagai Puskesmas 24 jam, akan ada dana intensif dari pusat," tambah Bupati.

Oleh sebab itu, Bupati berharap seluruh tenaga kesehatan menjelaskan kepada masyarakat tentang JKN. Karena, Jamkesda yang selama ini dilakukan Pemkab Siak, masih tidak diketahui masyarakat. "Saya yakin, masyarakat tidak akan paham," katanya.

"Yang jelas, masyarakat hanya ingin pelayanan kesehatan yang baik," tambah Bupati.

Dengan hadirnya Puskesmas ini, Bupati berharap masyarakat tidak lagi berbondong-bondong ke Rumah Sakit. Sebab, pelayanan dasar kesehatan akan ada di Puskesmas. Ia mengapresiasi Puskesmas Siak yang telah meraih ISO atas pelayanan kesehatan.(san)