PEKANBARU- Terpilihnya Wan Thamrin Hasyim sebagai wakil gubernur Riau pada pemilihan langsung di DPRD Riau, Selasa (25/4/2017) kemaren, mendapat tanggapan Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Golkar Idrus Marham.

Kendati Wan Thamrin bukanlah kader Golkar Riau, kata Idrus, hasil perolehan suara yang memenangkan Wan pada pemilihan wagubri di DPRD Riau dengan mengalahkan Ruspan Aman yang merupakan kader partai, harus dihargai dan dihormati.

"Kita tak bicara kader atau bukan kader Golkar, proses demokrasi yang berjalan di DPRD Riau untuk memilih posisi wagubri ini yang harus dihormati. Mekanisme sudah dilalui, dan DPRD Riau sudah menentukan pilihan," kata Idrus menjawab GoRiau.com, Rabu (26/4/2017) pagi.

Bagi Idrus, hal terpenting yang harus diselesaikan ke depan adalah bagaimana Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bisa bersinergi dengan Wan Thamrin untuk kepentingan masyarakat.

"Wan Thamrin itu birokrat, dan memahami tentang pemerintahan. Tentu, ini sangat membantu Pak Andi (Gubri) dalam menyelesaikan pekerjaannya hingga habis masa jabatan, termasuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 di Riau," jelasnya.

Seperti diberitakan GoRiau.com, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman bersyukur karena proses pemilihan wakil gubernur Riau (Wagubri) berjalan lancar dan aman. Apalagi pemungutan suara itu telah memenangkan Wan Thamrin sesuai yang diidam-idamkannya.

"Semua dapat berjalan lancar dan aman. Ini adalah cerminan baik dari proses demokrasi. Kita sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi luar biasa kepada DPRD Riau," ungkap Andi Rachman dengan ekspresi datar kepada GoRiau.com di Gedung DPRD Provinsi Riau, Selasa (25/4/2017) sore.

Terpilihnya Wagubri ini, kata Andi, telah memberikan energi baru bagi dirinya untuk menjalankan roda pemerintahan. Dengan Wan Thamrin, Andi berharap ia bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat hingga akhir masa jabatan nanti pada 2019."Dengan begitu pembangunan untuk rakyat bisa dijalankan dengan lebih maksimal," ucapnya.

Menurutnya, tidak ada kalah menang dalam pemilihan Wagubri ini, karena sejatinya mereka yang dicalonkan oleh DPP Partai Golkar untuk mendampinginya itu merupakan orang-orang pilihan yang dapat dipercaya untuk membantunya menjalankan roda pembangunan di Riau.

"Saya yakin, Pak Wan Thamrin dan Pak Ruspan Aman adalah sosok yang sangat dibutuhkan untuk tujuan besar itu," tandasnya.***