TELUKKUANTAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing (DPK) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau fokus untuk meningkatkan minat baca dan melakukan penyelamatan arsip berkenaan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Kuansing.

Hal itu ditegaskan Kepala DPK Kuansing Drs. Azhar Ali, MM saat menjadi pembina sekaligus pelaksana apel bersama Pemkab Kuansing, Senin (24/7/2017).

Sejauh ini, DPK Kuansing sudah berupaya meningkatkan pelayanan perpustakaan yang terletak di kawasan Limuno Telukkuantan. Tidak hanya hari biasa, pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu pun pelayanan perpustakaan tetap buka. Hanya saja jam kunjungan yang di batasi, tidak seperti hari biasa.

Selain itu, guna meningkatkan minat baca masyarakat, pihaknya juga telah mengoptimalkan pelayanan mobil pustaka keliling. Tidak hanya sekolah yang dijangkau, tapi beberapa momen juga dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan, seperti gelaran pacu jalur.

"Respon masyarakat secara umum cukup baik, dan rata rata kunjungan ke pustaka juga mulai meningkat. Bila di awal lalu hanya 5 sd 20 pengunjung sehari, kini telah meningkat rata-rata di atas 20 orang per hari," paparnya.

Sementara di bidang Kearsipan, pihaknya tengah fokus untuk mengumpulkan arsip sejarah berdirinya Kabupaten Kuansing. Sudah ada beberapa arsip yang didapat, dari beberapa sumber seperti Prof. H Suwardi, MS dan Ir. Mardianto Manan, MT. "Sumber-sumber lain akan kita temui, untuk mendapatkan arsip yang akurat," tegas Azhar.

Untuk hal ini respon para tokoh juga sangat positif. Meski demikian arsip pemerintah lainnya juga kita benahi secara bertahap.***