NIGERIA -- Sekawanan pria bersenjata melakukan penembakan terhadap jamaah shalat Subuh dalam sebuah masjid di negara bagian Niger, Nigeria utara, Senin (25/10/2021).

Akibat penembakan secara brutal tersebut, 18 jamaah wafat dan puluhan orang lainnya menderita luka-luka.

Dikutip dari Tempo.com, sekawanan pria bersenjata itu datang menggunakan sepeda motor ke masjid di wilayah komunitas Maza-Kuka tersebut, wilayah pemerintah daerah Mashegu, sekitar pukul 5 pagi.

''Mereka datang dan langsung masuk masjid dan menembaki jamaah tanpa kenal ampun,'' kata Abdulganiyu Hassan, seorang warga kepada Reuters.

Hassan mengatakan, mereka menculik juga lebih dari 10 orang lainnya. Bello Ayuba, warga dan saksi lainnya, mengatakan sedikitnya 20 orang terluka.

Seorang juru bicara polisi negara bagian Niger tidak segera menanggapi panggilan atau pesan yang meminta komentar.

Bandit bersenjata yang beroperasi untuk mendapatkan uang telah menculik atau membunuh ratusan orang di barat laut Nigeria tahun ini.

Pejabat pemerintah negara bagian dan lokal Niger baru-baru ini mengatakan bahwa kelompok militan Boko Haram telah mengambil alih banyak komunitas di negara bagian itu, menawarkan uang kepada penduduk desa dan memasukkannya ke dalam barisan mereka untuk melawan pemerintah.***