JAKARTA - Meski cabang olahraga (cabor) hoki tidak termasuk dalam daftar cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) terus menjalankan komitmennya dalam membangun prestasi olahraga hoki Indonesia.

Kini duet Ketua Umum PP FHI, Budi Sulistijono dan Sekjen FHI, Yasser Arafat Suaidy sedang mempersiapkan Timnas Hoki Indonesia yang berkekuatan 60 atlet putra dan putri akan berjuang di SEA Games 2023 Kamboja yang akan berlangsung 1-17 Mei 2023 mendatang.

Dari 4 medali emas (2 emas hoki indoor dan 2 emas hoki outdoor putra dan putri) yang diperebutkan di Kamboja nanti, kata Yasser, panggilan akrabnya, Tim Hoki Indoor Indonesia ditargetkan meraih 2 emas dan Hoki Outdoor dengan 2 perak untuk disumbangkan bagi Kontingen Indonesia.

"Saya akui persaingan cukup ketat di SEA Games 2023 Kamboja nanti. Makanya, PP FHI menargetkan 2 medali emas terutama dari Timnas Hoki Indoor. Sedangkan dari Timnas Hoki Outdoor Indonesia hanya dipatok 2 medali perak," kata Yasser yang ditemui di sela-sela Mini Tournamen Hoki yang digelar di Eden Sports Centre Sawangan Depok, Jawa Barat, Minggu (19/3/2023).

Apa yang ditargetkan PP FHI itu, kata pelatih Tim Hoki Indonesia, Muhammad Dharmaraj, cukup realistis. Apalagi, prestasi hoki Indoor putra dan putri Indonesia cukup mumpuni dimana Tim Hoki Putri Indoor Indonesia mampu menjadi runner up dan Tim Hoki Indoor Putra Indonesia menempati peringkat empat pada Kejuaraan Hoki Asia 2022 Thailand.

"Cukup realistis 2 medali emas dari Hoki Indoor yang ditargetkan PP FHI di SEA Games 2023 Kamboja. Dan, saya yakin peluang kita cukup besar untuk meraihnya. Saingan terberat adalah Malaysia dan Thailand. Di Piala Asia 2022 lalu, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia telah menunjuukkan kemampuannya dengan mengalahkan Malaysia di semifinal. Begitu juga Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia yang sukses menahan imbang dengan skor 2-2 atas Malaysia dan mengalahkan Thailand 8-3," jelas Dharmaraj.

GoRiau

Selain dari hasil Piala Asia 2022 itu, kata Dharmaraj, kualitas permainan hoki Indoor Indonesia sudah jauh mengalami peningkatan drastis. Hal itu bisa dilihat dari hasil uji coba di Turnamen Hoki Indoor Rohrmax Cup 2023 Austria. Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia mampu membuat kejutan dengan mengalahkan Austria  yang merupakan peringkat 1 dunia dan Belgia, peringkat 8 dunia.

"Kualitas permainan Timnas Hoki Indoor Indonesia sudah mengalami peningkatan. Mereka mampu mengimbangi tim-tim Eropa. Begitu juga dengan mental bertanding cukup bagus. Semua keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen pak ketum dan sekjen PP FHI dalam menjalankan program pembinaan hoki di Indonesia," paparnya.

Secara khusus, Dharmaraj yang sudah menangani Timnas Hoki Indonesia sejak tahun 2021 ini menyampaikan rasa salut terutama dengan loyalitas Yasser Arafat Suaidy dalam membangun prestasi hoki Indonesia. Bahkan, katanya, Yasser, dengan biaya pribadi membangun lapangan hoki untuk latihan Timnas Hoki Indonesia di Eden Sports Centre.

"Yasser itu saya anggap gila hoki. Dengan dana pribadi dia nekad membangun lapangan hoki berstandar internasional. Di Malaysia memang ada orang yang loyal terhadap hoki tapi kalau sampai membangun lapangan hoki dengan dana pribadi belum ada karena fasilitas diberikan pemerintah," kata Dharmaraj.

GoRiau Sekjen PP FHI, Yasser Arafat S
Sekjen PP FHI, Yasser Arafat Suaidy dan pelatih Timnas Hoki Indonesia, Muhammad Dharmaraj saat menyaksikan pertandingan.

"Terus terang, keberadaan lapangan hoki Eden Sports Centre ini kami tidak lagi berpindah-pindah saat menjalankan program latihan. Jadi, kami bisa lebih fokus setiap hari apalagi akan dibangun fasilitas pendukung lainnya," tambah Dharmaraj yang sukses membawa Tim Hoki Junior Malaysia menempati peringkat empat di World Cup 2013.

Prestasi Hoki Indonesia memang cukup membanggakan. Bukan hanya Timnas Hoki Indoor saja yang sudah menembus Piala Asia 2022, tetapi Timnas Hoki Outdoor Putra dan Putri Indonesia juga sukses meraih tiket ke Asian Games 2023 Hangzhou. 

Penampilan Timnas Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia pada final Piala Asia 2022 merupakan sejarah. Begitu juga Timnas Hoki Indonesia tampil di Asian Games dengan meraih tiket melalui babak kualifikasi.

Mini Turnamen yang berlangsung 17-19 Maret 2023 diikuti Timnas Hoki Indonesia, Tim Hoki DKI Jakarta, Timnas Singapura Putra dan Putri, Club Hoki Sharaburi dari Thailand, dan SSTMI dari Malaysia. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Hoki Indoor Putra dan Putri yang turun dengan 2 tim tampil sebagai juara dan runner up. ***