SURABAYA - Gelaran akbar Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna ke-25 tahun 2019 (Piktar XXV/2019) secara resmi dibuka oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. di Stadion Jala Krida Mandala Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (23/4).

Hadir dalam upacara tersebut Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., Gubernur Akpol Irjen (Pol) Dr. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. serta sejumlah pejabat Mako Akademi TNI dan Perwira Tinggi TNI dilingkungan Jawa Timur.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu kompi Kontingen Gatot Subroto, satu kompi Kontingen Yos sudarso, satu kompi Kontingen Adisucipto, satu kompi Kontingen R. S. Soekanto, satu kompi Wasit dan satu unit Korsik Lantamal V Surabaya. Kegiatan Piktar ke-25 tahun 2019 mengangkat tema “Melalui Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akpol, kita tumbuhkembangkan soliditas dan sinergitas serta jiwa dan semangat integrasi kemitraan”.

“Tema tersebut sangat relevan dihadapkan dengan upaya membentuk jiwa korsa, memantapkan nilai luhur, semangat integrasi, membangun kebersamaan dan kemitraan yang profesional, proporsional dan sportif dikalangan generasi muda khususnya para Taruna sebagai bekal untuk menyongsong penugasan dimasa depan”, kata Danjen Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. saat menyampaikan amanat.

Lebih lanjut Danjen Akademi TNI mengatakan bahwa Piktar merupakan kegiatan integratif dalam bidang olahraga yang memperlombakan dan mempertandingkan olahraga militer maupun olahraga umum dan eksebisi secara beregu maupun perorangan. “Kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam 2 tahun ini bertujuan untuk menciptakan serta memupuk semangat dan jiwa integrasi diantara sesama Taruna, selain itu juga merupakan upaya dan wahana untuk menumbuhkembangkan nilai semangat integrasi sekaligus untuk mewujudkan soliditas dan sinergitas secara konkrit dalam lingkup kehidupan Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol sebagai calon pemimpin TNI dan Polri di masa depan”, kata Danjen Akademi TNI.

Sebagai tuan rumah kegiatan Piktar tahun ini adalah Akademi Angkatan Laut Surabaya, diikuti sekitar 473 Taruna yang terdiri dari 121 Taruna Akmil, 119 Taruna AAL, 113 Taruna AAU dan 120 Taruna Akpol yang memperebutkan medali dari 9 cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, bola voli, renang, menembak, orentering, obstacle run dan obstacle swim. Kegiatan Piktar berlangsung mulai tanggal 23 -27 April 2019 menggunakan fasilitas olahraga yang dimiliki Akademi Angkatan Laut.

Dalam upacara pembukaan ini dimeriahkan oleh display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL yang menampilkan berbagai formasi dan atraksi menarik. Atraksi lainnya yang membuat decak kagum para hadirin dan undangan yaitu aksi terjun payung (free fall) oleh 14 penerjun dari prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir yang meliuk-liuk diangkasa biru sambil membawa banner bendera dan ular-ular perang ditengah hembusan angin yang cukup kencang pagi itu, namun semua penerjun mendarat dengan happy landing disambut tepukan meriah dari penonton yang memenuhi tribun stadion. Persembahan tarian kolosal, senam Aster dan Gemu Famire oleh Taruna AAL menambah semarak suasana hingga Danjen Akademi TNI dan undangan lainnya turun ke lapangan membaur dengan para Taruna mengikuti irama dan gerakan senam. ***