AGAM - Ratusan peserta dari berbagai komunitas dan pehobi sepeda yang diiukti dari berbagai daerah yaitu, Pariaman, Solok, Singkarak, Padang dan Bukittinggi mengikuti Iven kejuaran sepeda Downhill "Patar Bike Park Gravity Race", yang dilaksanakan pada Sabtu 8-9 Juli 2017 di Kenagarian Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Selain diikuti peserta yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar), Iven ini juga dihadiri peserta dari daerah Sumbar yaitu Pekanbaru. Pada kesempatan ini pemerintah provinsi Riau melalui Dinas Pariwista (Dispar) Riau turut menerjunkan atlet sepeda downhill asal Riau yang telah mengikuti kejuaraan sepeda Downhill di tingkat internasional, Ricky Leonardo (26).

Atlet muda kelahiran tahun 1991 ini telah mengikuti berbagai Iven kejuaraan sepeda Downhill diantaranya, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016, Juara I Festival Downhill di negara tetangga yaitu Singapura, dan Juara II Iven sepeda wisata pantai Solop Indragiri Hilir.

Track di Padang Tarok, start dimulai di Puncak Alai, dan finish di Baruah Padang Tarok atau panjang sekitar 1,6 kilometer. Untuk posisi vertikal ketinggian tertentu (elevasi) sekitar 250 meter, dan ketinggian lokasi track Downhill dari permukaan laut sekitar 1600 mdpl.

Ricky Leonardo pada saat dihubungi tim liputan kami menjelaskan, Downhill adalah balapan sepeda gunung yang memanfaatkan gravitasi dan termasuk olahraga ekstrem. Kini olahraga sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB) penuh tantangan.

"Padang Tarok karakter track cocok dengan Downhill, selain itu juga adanya dukungan masyarakat sekitar. Kepada warga Riau saya mohon doanya agar diberi kelancaran dan bisa mengharumkan nama Riau dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Riau yang telah turut mendukung kami," pungkas Ricky Leonardo.

Untuk persiapan ikut lomba di trekBike Park Gravity Race 2017 yang digelar di Kenagarian Padang Tarok, Sumbar Ricky Leonardo menegaskan, bahwa dirinya sangat siap walaupun ada beberapa problem di bagian ban karena kondisi di sini sering hujan.

Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman saat memberikan keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (7/7/2017) menjelaskan, dukungan yang diberikan Dispar Riau tidak banyak, hal ini dilakukannya untuk memberikan semangat untuk Ricky agar bisa mengharumkan nama Riau.

"Kami memberikan dukungan tidak banyak, semoga dari dukungan kami yang tak seberapa dapat memberikan semangat atlet Riau guna mengharumkan nama daerah," ujar kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman. ***