PEKANBARU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau akan segera membentuk tim teknis untuk menindaklanjuti rencana pengoperasian roll on roll of (Roro) Dumai (Riau, Indonesia) - Malaka, (Malaysia).

Di mana, sebelumnya pihak Kemenhub yang mewakili pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia pada pekan lalu telah menyepakati kerjasama transportasi jalur laut tersebut.

"Yang paling penting, kita diminta untuk membahas masalah teknis dengan membentuk tim kecil," kata Kepala Dishub Riau, Taufiq OH di Pekanbaru, Senin (8/4/2019).

Selain itu, tim ini juga akan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kendaraan dari masing-masing negara agar bisa dilalui oleh kedua negara itu.

"Kalau fasilitas nanti Pelindo dan Pemko Dumai yang siapkan pelabuhan di Dumai. Tapi ini juga nanti akan dibahas dalam rapat teknis lanjutan," sebutnya.

Sedangkan, untuk armada kapal yang akan dioperasikan, natinya akan disiapkan oleh Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Feri.

"Kapal harus standar lintas internasional. Dari sisi perhubungan laut memang tak banyak masalah tapi untuk transportasi darat yang masih perlu disesuaikan," tuturnya. ***