PEKANBARU - Lokasi Car Free Day (CFD) yang hari ini, Minggu, (24/6/2018) dipindahkan ke Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, terasa lebih luas dan lapang. Hal ini dikarenakan pengaturan area parkir dan pedagang yang telah ditata oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, bersama dinas perhubungan, jajaran kepolisian, dinas perdagangan, dan masyarakat setempat.

Pantauan GoRiau.com, sepanjang jalan Sudirman yang diareakan untuk masyarakat melakukan jalan santai, olah raga, bersepeda dan aktivitas lainnya, bebas dari kendaraan bermotor yang terparkir atau stand - stand pedagang.

Sementara itu, seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, area pedagang disusun disepanjang jalan, disamping kiri dan kanan hingga ke belakang Gedung Gubernur Riau. Sedangkan area parkir dilokasikan disisi kiri dan kanan hingga ke belakang Gedung Walikota Pekanbaru dan jalan Kartini.

CFD yang disebut juga hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) berlangsung selama 3 jam seperti biasa, mulai jam 07.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Untuk menjaga pengamanan dan pengaturan lalu lintas, sejumlah petugas dari dinas perhubungan dan kepolisian diturunkan untuk berjaga di setiap titik jalan yang ditutup. Sebelumnya, Plt Kadishub Kendi Harahap menuturkan, jumlah petugas yang diturunkan dari pihaknya bekerjasama dengan pihak terkait tidak bisa diperkirakan, karena akan ditugaskan sebanyak - banyaknya.

"Mengingat hari minggu ini, merupakan pertama kalinya dimulai, tentu harus di lakukan pengawasan sebaik - baiknya, jadi kami tidak menentukan jumlah personil, sebanyak - banyaknya akan kita kerahkan," ujarnya pada Sabtu, (23/6/2018).

Lokasi CFD ini juga tampaknya dinikmati masyarakat, karena beberapa orang tua membiarkan saja balitanya berjalan beberapa meter di depannya, karena arena yang begitu nyaman dan aman. ***