PEKANBARU - Tol Pekanbaru - Bangkinang (Riau) hingga Pangkalan (Sumatera Barat) diperkirakan akan menjadi salah satu jalur ''gemuk'' atau padat di jajaran Tol Trans Sumatera. Pasalnya, selama sepekan liburan Idul Fitri saja, jumlah kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru - Bangkinang sudah mencapai 36 ribu lebih.

Dibandingkan tol-tol yang ada di jalur Trans Sumatera, tingkat isian kendaraan di ruas Pekanbaru - Bangkinang bisa dikategorikan padat. Padahal tol tersebut hanya dibuka satu sisi dengan pembatasan jam pembukaan tol hanya sampai pukul 16.00 WIB. 

GoRiau Tol Pekanbaru - Bangkinang.
Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Menurut Kanit Tol Pekanbaru-Bangkinang, Iptu Sugiharto, terhitung sejak tanggal 26 April hingga 3 Mei 2022, ada sebanyak 33.274 kendaraan yang melintas di tol tersebut. Sedangkan untuk arus balik yang dibuka sejak tanggal 4-8 Mei 2022 sudah tercatat 3.611 kendaraan.

“Satu hari bisa mencapai 2000-an kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini,” kata Kanit Tol Pekanbaru-Bangkinang, Iptu Sugiharto.

Untuk sementara ini, rambu-rambu lalulintas di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang masih belum terpasang seluruhnya, atau masih minim.

“Kami mengingatkan kepada masyarakat, batas kecepatan maksimal kendaraan di ruas tol hanya sampai 60 Km/jam, karena rambu belum terpasang semua di Tol,” lanjutnya.

Terakhir Sugiharto mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan mengantisipasi lonjakan arus balik mudik. “Kita mengimbau agar tetap hati-hati dan diperkirakan puncak arus balik ini akan terjadi pada hari Jumat, Sabtu, Minggu,” tutupnya. ***