KUALA LUMPUR – Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia menggantikan Ismail Sabri Yakoob, di Istana Negara pada Kamis (24/11/2022). Ketua Pakatan Harapan (PH) itu menjadi Perdana Menteri ke-10 Malaysia.

Dikutip dari Sindonews.com yang melansir Straits Times, saat dilantik, Anwar mengenakan baju melayu berwarna hitam dengan sampin emas. Anwar tersenyum saat dipanggil untuk diambil sumpahnya.

GoRiau Anwar Ibrahim dilantik menjadi
Anwar Ibrahim dilantik menjadi Perdana Menteri ke-10 Malaysia pada Kamis (24/11/2022) sore. (Straits Times/Bernama)

"Setelah melalui pandangan para penguasa Melayu, Yang Mulia telah menyetujui pengangkatan Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia,” kata Pengawas Kerajaan Fadli Syamsuddin, seperti dilansir dari Straits Times.

Upacara pelantikan Anwar Ibrahim tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi seperti sekretaris pemerintah, hakim agung, jaksa agung, pembicara dari kedua majelis parlemen dan para pemimpin dari PH dan Barisan Nasional (BN). Anwar duduk di sebelah istri dan mantan wakil perdana menteri Wan Azizah Wan Ismail, dengan enam anak mereka, termasuk mantan anggota parlemen Nurul Izzah Anwar.

"Amanah akan digalas dengan penuh tawaduk dan bertanggung jawab," ujar Anwar Ibrahim melalui Facebook resminya setelah dilantik, dikutip Kamis (24/11/2022).

"Tugas berat ini akan saya pikul berpandukan kehendak dan nurani rakyat bersama tim," ucapnya.

Pelantikan Anwar terjadi setelah sebagian besar pihak menyetujui proposal Sultan Abdullah untuk sebuah pemerintahan persatuan setelah pemilihan umum hari Sabtu menghasilkan Parlemen Malaysia yang pertama kali digantung.

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar dan saingannya ketua Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin Yassin, juga berusia 75 tahun, menemui jalan buntu dan tidak dapat mengumpulkan 112 anggota parlemen yang diperlukan untuk mendapatkan mayoritas sederhana di badan legislatif.

Setelah UMNO mengonfirmasi bahwa mereka akan bergabung dengan pemerintah persatuan pada Kamis pagi, menyimpang dari sikap koalisi Barisan Nasional sebelumnya yang tetap menjadi oposisi, partai-partai lain di seluruh negeri mengikutinya. Bahkan PN mengatakan akan mempertimbangkan diskusi pemerintah persatuan dengan pihak-pihak yang berpikiran sama.

Penunjukan Anwar disambut dengan sorakan dari sekutu dan pendukungnya. Dalam postingan Instagram-nya, putri Anwar, Nurul Izzah, yang melihat ayahnya dipecat dan dipenjara pada tahun 1998 setelah berselisih dengan perdana menteri saat itu Mahathir Mohamad, berkata: "Aku mencintaimu papa dan aku selalu bangga padamu, bahkan saat kamu dipenjara sebagai tahanan hati nurani."

Wakil Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR), Rafizi Ramli, sebuah partai komponen PH, berterima kasih kepada Raja karena telah menunjuk Anwar sebagai perdana menteri baru. “Kita semua harus bergerak maju dan belajar bekerja sama untuk membangun kembali Malaysia demi masa depannya, dan kemakmuran rakyat dari berbagai kelompok, ras, negara bagian, dan latar belakang,” kata anggota parlemen Pandan dalam sebuah pernyataan.

The Straits Times telah mengetahui kesepakatan yang dicapai antara PH dan BN – yang mendapati dirinya berperan sebagai kingmaker dengan 30 anggota parlemen meskipun koalisi yang dipimpin UMNO dipermalukan pada pemungutan suara hari Sabtu kemarin – akan membuat UMNO mendapatkan beberapa portofolio senior, dengan orang nomor dua di partai Mohammad Hasan akan dilantik sebagai wakil perdana menteri.

Naiknya Anwar Ibrahim ke jabatan puncak, setelah dipecat sebagai wakil perdana menteri pada tahun 1998 di tengah tuduhan kontroversial sodomi dan penyalahgunaan kekuasaan, menandai kemenangan luar biasa setelah perjalanan yang mencakup dua pembatasan di penjara. Dia diangkat sebagai wakil perdana menteri di bawah pemerintahan Mahathir Mohammad yang memimpin UMNO pada tahun 1993, tetapi prospeknya meredup setelah dia dipenjara karena tuduhan korupsi pada tahun 1999. Penahanannya memicu protes jalanan dan kelahiran partainya PKR, yang sekarang memimpin PH.

Anwar kembali dipenjara pada tahun 2015 karena sodomi, tetapi diberi pengampunan kerajaan dan dibebaskan pada Mei 2018 setelah PH memenangkan pemilihan umum tahun itu. Mahathir, yang telah meninggalkan UMNO dan bergandengan tangan dengan Anwar untuk mengamankan kemenangan PH, menjadi perdana menteri.

Ketua PKR kemudian secara luas diperkirakan akan naik ke tampuk kekuasaan sebagai bagian dari kesepakatan dalam PH baginya untuk mengambil alih sebagai perdana menteri dalam dua tahun dari Mahathir. Namun kemajuannya kembali digagalkan ketika pemerintahan PH runtuh pada Februari 2020 menyusul pembelotan.

Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yasin sama-sama mempertaruhkan klaim mereka setelah koalisi masing-masing memenangkan 81 dan 73 kursi dalam pemilihan umum hari Sabtu lalu, yang juga membuat Mahathir jatuh dari kekuasaan dalam kekalahan telak.

Sultan Abdullah turun tangan pada hari Selasa untuk mengemukakan gagasan tentang pemerintahan persatuan. Keputusan Muhyiddin untuk menolak proposal tersebut, mengklaim dia memiliki mayoritas sederhana dengan dukungan dari pihak lain, terbukti fatal bagi harapannya.***