PEKANBARU - Gubernur Riau terpilih, Syamsuar berada satu panggung dengan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, Minggu (13/1/2019).

Keduanya satu panggung kala diminta untuk nyanyi bersama dalam silaturahmi dengan masyarakat Rumbai dan Rumbai Pesisir di Lapangan PCR. Keduanya larut dalam kegembiraan di hadapan ribuan warga yang hadir memadati lapangan sejak Minggu pagi.

Keduanya akhirnya satu panggung walau sempat terlibat persaingan dalam Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 silam. Saat itu Syamsuar, yang merupakan Bupati Siak maju dalam Pilgubri. Ia menggandeng pasangan yakni Eddy Natar Nasution.

Syamsuar pun kini menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih bersama Mantan Danrem 031 Wirabima. Sedangkan Firdaus MT juga maju pada Pilgubri lalu. Ia maju bersama Rusli Effendi yang merupakan Politisi PPP.

Ads
Sayang keduanya tidak berhasil meraup banyak suara. Tapi Syamsuar dan Firdaus sudah melupakan tensi politik pada Pilgubri 2018 silam. Keduanya berkomitmen untuk bekerjasama dalam proses pembangunan.

Apalagi Pekanbaru adalah satu pusat pembangunan di Riau. Satu program strategis yakni Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang kini masih terus digesa.

"Kedatangan kami kali ini adalah bentuk sinergi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru," terang Syamsuar, Minggu siang.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT berharap silaturahmi ini bisa menjadi awal sinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam proses pembangunan di tahun 2019.

Sebab butuh sinergi pemerintah kota dengan pemerintah provinsi, sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah untuk mendorong pembangunan.

Firdaus berharap pembangunan di Riau berjalan secara cepat. Apalagi pembangunan di Pekanbaru juga berpengaruh terhadap pembangunan di sejumlah wilayah Riau. Terutama di kawasan Siak, Kampar dan Pelalawan.

"Jadi harus ada dukungan terhadap program pembangunan strategis yang ada di Kota Pekanbaru," paparnya.

Firdaus mengatakan bahwa ada dua program yang bakal disinergikan drngan Pemerintah Provinsi Riau. Mereka butuh dukungan terhadap program infrastrukur, guna mendorong perekonomian. Sehingga bisa menarik para investor.

Lalu bekerjasama di bidang pelayanan perizinan, guna mendorong investor dalam menanamkan modal.

"Bila iklim investasi baik, tentu mendorong investor datang ke Pekanbaru," paparnya.

Kota Satelit

Warga Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir berkesempatan menyapa langsung Gubernur Riau Terpilih, Syamsuar, Minggu (13/1/2019). Mereka bisa bersilaturahmi dengan Syamsuar di Lapangan PCR, Rumbai.

Syamsuar menyempatkan diri datang menyapa masyarakat yang sudah hadir sejak Minggu pagi. Pada sambutannya, Syamsuar punya rencana banyak di Kota Pekanbaru. Satu program yakni Rumbai-Perawang menjadi Kota Satelit.

"Nanti akan dipersiapkan kota satelit dekat dengan jalur tol," terang Syamsuar dalam sambutannya, Minggu.

Selain itu, Syamsuar juga punya program bagi anak-anak muda kreatif. Program Riau kreatif nantinya bisa menampung industri kreatif. Ia ingin mengakomodir kawula milenal. Pria berkumis ini mengatakan bahwa untuk mewujudkan semua program ini butuh kerjasama semua pihak.

"Jadi butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkan program itu. Termasuk dukungan dari pemerintah pusat," ulasnya.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus hadir dalam kegiatan itu. Ia datang bersama jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Ribuan warga juga memadati areal lapangan PCR. Mereka sempat olahraga bersama di lapangan itu. Ada juga aneka kegiatan dalam silaturahmi bersama Gubernur Riau terpilih. ***