PEKANBARU – Keberadaan sekolah swasta menjadi salah satu solusi terkait persoalan tidak tertampungnya calon siswa di sekolah negeri di Riau.

Untuk itu anggota DPRD Riau Husaimi Hamidi meminta kepada Pemprov Riau agar lebih memperhatikan sekolah swasta sehingga sekolah tersebut tetap eksis dan dapat terus meningkatkan mutunya.

"Saya berharap Pemprov Riau dapat hadir ditengah-tengah sekolah swasta," kata Husaimi.

Untuk saat ini jelas politisi PPP ini memang sudah ada perhatian Pemprov Riau terhadap sekolah swasta dengan memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dengan anggaran Rp400 ribu/siswa.

''Dulu dana BOSDA ini termasuk saya yang memperjuangkan di komisi V, meskipun baru dapat Rp400 ribu/siswa, kedepan saya minta dana BOSDA ini dapat ditingkatkan nilainya dari Rp400 ribu menjadi Rp1 juta di APBD Perubahan 2023 atau di APBD 2024," ucapnya.

Jika usulan ini dapat diterima oleh Pemprov Riau lanjut Husaimi, dirinya akan mengajak sekolah swasta untuk menurunkan biaya SPPnya sehingga dapat terjangkau oleh para calon siswa yang memiliki ekonomi rendah. "Jadi semacam subsidi silang," ucapnya.

Dikatakan Husaimi, kualitas sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri, namun agar dapat meningkatkan mutu perlu bantuan dari Pemprov Riau.

''Saya kebetulan alumni SMK PGRI Pekanbaru, mutunya tidak kalah dengan SMKN milik Pemprov Riau," ujarnya. (kl2)