DUMAI-Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Dumai terus meroket. Tecatat jumlah pasien yang positif sudah mendekati angka 6.000 orang.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Dumai, pada Senin (7/6/2021), terjadi penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 7 orang, dengan angka akumulasi 5.916 kasus positif.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Kota Dumai, Syaiful mengungkapkan, perkembangan Covid-19 di Kota Dumai masih terus terjadi. Penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 selalu terjadi setiap hari.

‎Ia menambahkan, pada Senin telah terjadi penambahan sebanyak 7 asus positif Covid-19. Dua kasus menjalani perawatan di rumah sakit dan lima pasien menjalani isolasi mandiri.

"Pada hari Senin juga diketahui bahwa ada 49 pasien ‎yang dinyatakan sembuh, dan sebanyak 443 orang masih dalam perawatan," ujarnya seperti dikutip dari Tribunpekanbaru.com, Selasa (8/6/2021).

secara akumulasi total kasus Covid-19 yang tercatat di Kota Dumai hingga Senin telah menembus angka 5.916 kasus.

Terdiri dari 443 orang dalam perawatan, 5.363 dinyatakan sembuh dan 110 orang meninggal dunia.

Syaiful menjelaskan, menurutnya ada beberapa hal yang mempengaruhi angka kasus penambahan pasien po‎sitif Covid-19 di antaranya adalah kendornya protokol kesehatan. Masih banyak warga abai tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Jadi diantara penyebab meningkatnya kasus positif dikarenakan masyarakat sudah mengkendorkan prokes dengan jarang menggunakan masker," sebutnya

Syaiful menjelaskan, upaya satgas dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yakni dengan melakukan pemetaan sesuai instruksi dari pusat.

Jika dalam suatu wilayah terjadi penyebaran dan berada di zona merah, maka dilakukan PPKM.

‎Lebih lanjut dijelaskannya, upaya selanjutnya dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di kota Dumai, dengan penguatan tracing secara maksimal.

"Menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, jadi kami minta masyarakat sadar, bahwa cara ampuh melawan Covid-19 yakni, dengan meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Ia mengingatkan, bahwa masih ada penyebaran Covid-19 di Kota Dumai dan untuk semua pihak bisa memahami bahwa Dumai masih tetap harus waspada terhadap Covid-19.***