PEKANBARU – Woman on wheels (WOW) atau komunitas sepeda wanita di Kota Pekanbaru, Riau, kini semakin eksis di kancah nasional. Di usianya yang baru genap setahun, komunitas yang terbentuk pada 7 Maret 2021 ini, sudah berhasil melahirkan atlet dan talent berbakat di bidangnya.

Ketua WOW Pekanbaru, dr Nina Mallarangeng mengatakan bahwa komunitas ini awalnya terbentuk untuk menjadi wadah bagi para wanita yang ingin hidup sehat dengan olahraga bersepeda.

"Awalnya hanya beberapa orang saja anggotanya. Idenya bermula dari kami, ibu-ibu rumah tangga yang pengen olahraga bersepeda tapi yang perempuan-perempuan aja, biar kekuatannya sama. Kami mulai belajar bareng, cari coach, dan solid," kata Nina kepada GoRiau.com di Crack House, Jalan Mulya Sari Pekanbaru, Senin (1/8/2022) malam.

GoRiau
Hingga akhirnya, lanjut Nina, kalangan para pria atau suami para anggota WOW juga ingin bergabung, maka terciptalah komunitas Bapak-bapak On Wheels (BAPOW).

"Ternyata seiring waktu banyak yang melirik komunitas ini dan akhirnya jumlah anggota kami sudah 71 orang, meliputi WOW dan BAPOW," kata Nina.

Yang lebih menggembirakan lagi, lanjut Nina, ternyata WOW dan BAPOW berhasil melahirkan atlet dan talent berprestasi di bidang olahraga ini, mulai dari lomba balap sepeda hingga triathlon atau olahraga tersulit di dunia bertajuk Ironman.

"Alhamdulillah, tidak hanya sehat dan berat badan turun saja, banyak juga sang juara-juara yang terlahir dari WOW. Yang sebelumnya mereka belum mendapatkan tempat untuk mengasah bakat atau menyadari bakatnya, pas di WOW ini lah mereka mendapatkan support system hingga akhirnya mengantarkan mereka ke podium," kata Nina.

Ia juga menyatakan akan menerima dengan tangan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dengan komunitas sepeda WOW dan BAPOW tersebut.

GoRiau
"Ayok gabung, kami dengan senang hati menerima siapa saja yang ingin bergabung dengan komunitas kami. Syaratnya hanya punya sepeda road bike atau sepeda jalan raya dan nanti akan coaching dulu. Tidak perlu takut ditinggal juga karena urutan kecepatan bikersnya juga akan diurutkan dari yang super kencang sampai yang baru belajar," jelasnya.

Sisi keamanannya juga tidak luput dari perhatian dan diatur seaman mungkin. Mulai dari titik kumpul di Teras Kayu Resto, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, hingga finish, para pesepeda akan diikuti oleh mobil loading.

"Nanti di belakang rombongan peseda ada mobil loadingnya yang mengikuti, supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan," imbuh Nina.

Adapun deretan atlet berprestari WOW.cc& BAPOW.cc, sebagai berikut:

1. Rizcha DA

- event Audax Solo 400 KM elevasi 3500++

- Audax Bekasi 300Km elevasi 2000++

- Audax Jogja 200Km elevasi 1200++

- dan event yang akan diikuti Audax 1200Km dengan elevasi tinggi.

- Tim Racing ZIRT Women Indonesia (E-Sport )

- Podium 1 Women Master Road Race ISSI Riau 2019

- Podium 2 Women Master Duri Triathlon 2020.

2. Amelia Pongoh

- Podium 2 event Tour De Samosir

- Podium 4 Kategori Umur event Letape Indonesia di Lombok

- Podium 3 Qom event 5 Hills di Sentul Bogor

- Peringkat 10 besar event Tour de Belitung di Belitung.

GoRiau

3. Anak Agung Hendra, Maulana Hardi, Johar Pribawana, tgl 24 Juli 2022 Finisher Desaru Ironman 70.3 di Malaysia dengan Berenang 1,9 Km, Sepeda 90 Km, Lari 21.1 K.

4. Dr. Rina Fitrisia Finisher 10 Km pace 7 event Pocari run di Bandung tgl 24 Juli 2022.

5. Dr. Ledyaristiaa dan Dr. Rona Indaka finisher 21 km dengan pace 7/6 event Pocari Run di Bandung tgl 24 Juli 2022

GoRiau
6. Risdi Podium 3 event West Sumatera Series di Andalas bike part di Padang tgl 30-31 Juli 2022.

7. Haritz Torisz sdh bergabung club Nusantara Jogja prestasi saat ini prestasi

- Podium 1 Raja Gunung 44km elevasi 1900++ di Bali tgl 31 Juli 2022

- 16 Juli 2022 Podium 1 Madiun Lawu Qom 24Km elevasi 1500++.

8. Qoris Mayu Irwani club KGB Jakarta, Podium 5 Raja Gunung 44Km elvasi 1900++ di Bali tgl 31 Juli 2022.

9. Hendri Rakhmadi Juara 2, Prima Septiani Juara 3, dan Benni Rizal Finisher dalam event BI Run tgl 3 Juli 2022.

10. Nora Adnan Qom 10 besar Nasional Tour de Prambanan di Jogja tanggal 30 Juli 2022.***