SIAK - Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Siak kini sudah mencapai 4.759 orang. Angka ini akan terus bertambah jika masyarakat tidak mau menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya. Dalam 2 hari belakangan ada 72 pasien yang sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Wakil Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan dari total itu sudah 4.132 orang yang sehat dan tinggal 125 orang lagi yang masih dirawat di Rumah Sakit, Isolasi Mandiri 358 orang dan 144 orang sudah meninggal dunia.

"Untuk yang hari ini memang tidak ada yang meninggal, tetapi kemarin ada 5 orang dan itu rata-rata usia tua di atas 50 tahun. Mereka yaitu Tn. S (41) warga Kecamatan Kandis meninggal dunia di RS Ibnu Sina, Ny. H (51) warga Kecamatan Siak meninggal dunia di RSUD T. Rafian Siak, Ny. EH (55) warga Kecamatan Siak, Tn. N (51) warga Kecamatan Lubuk Dalam, Ny. Y (69) warga Kecamatan Bunga," kata Budhi Yuwono kepada GoRiau.com, Selasa (8/6/2021).

Budhi mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Siak agar tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan serta lakukan pembatasan fisik (physical distancing).

"Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Bila harus keluar, gunakan masker (lebih baik menggunakan masker kain dari pada tidak sama sekali)," imbuh Budhi lagi.

Menurut Budhi, selain penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini juga bisa dilakukan dengan rutin mencuci tangan. Untuk lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer.

"Karena virus ini tidak terlihat, perlu bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 112. Tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini," tuturnya. ***