JAKARTA -- Banyak orang mengurangi, bahkan menghindari mengomsumsi daging kambing, karena meyakini daging kambing bisa meningkatkan kolesterol dan tekanan darah. Benarkah demikian?

Dikutip dari Kompas.com, daging kambing mengandung lebih rendah lemak dibandingkan dengan pilihan daging lainnya, seperti daging sapi. Dalam satu sajian daging kambing seberat 85 gram, mengandung 122 kalori dan hanya 2,6 gram lemak.

Dibandingkan dengan daging sapi dalam berat yang sama, daging sapi mengandung lebih banyak kalori dan lemak. Daging sapi mengandung 245 kalori dan 16 gram lemak, jauh lebih banyak dibandingkan daging kambing.

Selain rendah lemak, daging kambing juga mengandung lebih rendah kolesterol dan lemak jenuh. Dalam 85 gram daging kambing mengandung 63 miligram kolesterol. Sedangkan dalam daging sapi mengandung 73 miligram kolesterol dan daging ayam mengandung 76 miligram kolesterol.

Lebih detail lagi, daging kambing mengandung lemak jenuh paling rendah dibandingkan dengan jenis daging lainnya, seperti daging sapi dan ayam.

Mengandung protein tinggi

Daging kambing merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Daging ini mengandung protein tinggi namun mengandung kalori yang relatif rendah, sehingga ini merupakan sumber asam amino yang bisa menjadi pilihan jika sedang mengurangi asupan kalori.

Kaya akan kalsium dan potasium

Daging kambing merupakan sumber kalsium dan potasium. Potasium penting bagi tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap stabil serta menjaga kesehatan jantung. Zat ini membantu meregulasi keseimbangan cairan agar tekanan darah tetap stabil.

Mengandung multivitamin

Daging yang sering di dapat saat kurban ini mengandung vitamin B6 dan B12 yang sangat tinggi. Vitamin B12 penting agar tubuh bisa tetap memproduksi sel darah merah serta menjaga fungsi sistem saraf.

Daging ini juga mengandung mikronutrien, seperti selenium dan kolin. Kedua kandungan ini merupakan antioksidan kuat yang bisa menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

Tinggi zat besi

Dalam 85 gram daging kambing, mengandung zat besi yang lebih tinggi dari jenis daging lainnya, yaitu 3,3 miligram. Sementara daging sapi hanya mengandung 2,9 miligram zat besi dan daging ayam mengandung 1,5 miligram.

Rendah sodium

Pada beberapa kondisi medis, seseorang harus mengurangi asupan sodiumnya. Daging kambing adalah sumber protein rendah sodium yang bisa menjadi pilihan bagi orang yang sedang mengurangi sodium, namun tetap ingin memakan santapan yang lezat.

Itulah manfaat daging kambing bagi kesehatan.***