BANGKINANG - Sepanjang sekitar 180 meter, turap di Sungai Kampar tepatnya di Dusun Tanjung Alai Hilir, Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampa, Kampar, Riau amblas, Senin (17/12/2018).

Amblasnya turap ini juga mengakibatkan jalan disepanjang turap menjadi longsor. Penyebabnya karena tingginya curah hujan dan meluapnya air sungai yang bertumpuh ke turap sehingga kontur tanah menjadi lembut.

"Yang amblas sepanjang sekitar 180 meter. Jalan disekitar turap banyak yang longsor. Penyebab amblasnya karena kan turap ini tempat bertumpuhnya air sungai, sehingga kontur tanahnya lembut sejak air sungai meluap, ditambah lagi hujan berkepanjangan," jelas Camat Kampar, Kholis Febriyasmi kepada GoRiau.com melalui selulernya.

Camat Kampa menyebutkan bahwa bencana alam di Desa Sungai Tarap ini telah mengkoordinasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kampar.

Ia juga berharap Pemkab Kampar terlebih dahulu melakukan cepat tanggap darurat. Karena kata camat ini, jalan yang biasa dilewati dan rumah warga tidak begitu jauh dari turap yang amblas tersebut.

"Pihak kecamatan sudah berkoordinasi kepada pihak Pemerintah Kampar, seperti BPBD dan Dinas PUPR. Tentu dirapatkan dulu untuk tindakan selanjutnya. Namun tentu dilakukan dulu tanggap darurat oleh dinas terkait, karena memang jalan dan rumah warga sangat berdekatan dengan turap yang roboh ini," ungkap Kholis.

Ia menambahkan, bahwa siang tadi telah melakukan tinjauan lansung ke lokasi amblasnya turap ini bersama Kepala Dinas PUPR Kampar dan juga Dandim 0313/KPR. ***