TELUKKUANTAN - Sejak pandemi melanda, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah mencapai 4.019 kasus. Hampir setiap hari terdapat penambahan kasus baru, seperti pada Rabu (21/7/2021), terdapat sembilan kasus terkonfirmasi positif di Kuansing.

Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, saat ini ada 346 orang yang sedang berjuang melawan Covid-19. 307 orang diantaranya merupakan positif tanpa gejala dan hanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Sementara, 39 orang lainnya harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Mereka positif dengan gejala," ujar Agusmandar, Jubir Covid-19 Kuansing, Kamis (22/7/2021) pagi di Telukkuantan.

Sementara itu, Covid-19 telah merenggut nyawa warga Kuansing sebanyak 92 orang. Kabar baiknya adalah, jumlah pasien sembuh sudah mencapai 3.581 orang.

Terkait semakin tingginya kasus Covid-19, Bupati Kuansing, Andi Putra mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Caranya, dengan gerakan 5M, yakni memakai masker bila keluar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi. Intinya tetap menerapkan protokol kesehatan," papar Andi Putra.

Bupati juga meminta masyarakat ikut vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Vaksinasi merupakan cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

"Tak usah ragu-ragu, vaksin ini aman dan halal. Vaksinasi sangat penting dalam menciptakan kekebalan kelompok di tengah masyarakat. Semakin cepat vaksin, semakin bagus," ujar Andi Putra.***