JAKARTA - Pegolf amatir asal Hongkong, Taichi Kho, bersaing dengan pegolf profesional asal Thailand, Itthipat Buranatanyarat di posisi puncak klasemen sementara Turnamen Golf Mandiri Indonesia Open 2022 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Keduanya mencetak hasil fantatis 64 pukulan atau 8 di bawah par.

Kedua pemain ini lolos dari bogey. Kho saat ini menempati posisi ke-100 World Amateur Golf Rangking. Ini adalah kali pertama dia memimpin di sebuah turnamen profesional. Dia mencetak eagle di hole ke-9 dan 6 birdie di hole 1, 4, 6, 12, 14, 18.

“Ini luar biasa. Saya sangat gembira dengan cara saya bermain. Saya tetap pada rencana permainan saya. Saya berhasil membuat pukulan-pukulan bagus di back nine,” kata Kho yang didampingi oleh ayahnya, Victor yang mendampingi dia sebagai kedi. Kho saat ini memperkuat skuad golf University of Notre Dame. Tahun lalu dia juga menjadi pusat perhatian setelah menjadi runner up Asian Amateur Championship

Rasa puas juga ditunjukkan oleh Itthipat. “Delapan birdie, no bogey, wow,” kata Itthipat. Dia mencetak birdie di hole 1, 3, 6, 7, 12, 15, 16, dan 17. Dia dapat membaca green dengan sangat baik. Menurutnya, sang kedi juga sangat membantu. “Dan saya menyukai lapangan ini. Saya sudah pernah bermain bagus di sini sebelumnya”.

Itthipat ikut bermain di dua event LIV Golf Invitational, yaitu di London dan Portland. Menurutnya, pengalaman itu membuat permainannya menjadi lebih bagus. “Saya bermain dengan nama-nama besar dan belajar banyak,” kata Itthipat.

Pegolf amatir Indonesia, Almay Rayhan Yagutah, juga tampil mengesankan dengan mencetak 67 pukulan atau 5 di bawah par. Dia ties di posisi keenam bersama dengan Chang Wei-lun (Taiwan) dan Minkyu Kim (Korea Selatan). “Saya main 5 under. Putting saya on line. Membuat early birdies. Mukul-nya lumayan solid, banyak bola yang nempel. Semoga besok saya bisa tetap bermain bagus,” kata Almay.

Selain Almay, pegolf amatir merah putih yang bermain bagus adalah Randy Abernata M. Bintang. Dia menempati posisi ties 20 dengan total 3 di bawah par bersama 15 pemain lainnya, termasuk Naraajie Emerald Ramadhanputra, mantan pemain timnas Indonesia yang baru turn pro setelah SEA Games 2022. Pemain lain yang berada di posisi ini, yaitu Kevin Phelan, S.S.P Chawrasia, Rahil Gangjee, Miguel Carballo, Jbe Kruger, Ian Snyman, Yoseop Seo, Sam Brazel, Seung Park, Ajeetesh Sandhu, Taehee Lee, Sattaya Supupramai , Rashid Khan.

“Saya sangat gembira melihat penampilan para pegolf Indonesia, terutama para amatir. Almay bisa main 5 under dan Randy 3 under. Semoga mereka bisa bermain solid sampai final. Semoga ini membuat prestasi para pegolf Indonesia semakin maju,” kata Murdaya Po, Ketua Umum PB PGI. ***