PEKANBARU - Rumah pasien pertama yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19) di Provinsi Riau mulai disemprot cairan disinfektan, pada Kamis (19/3/2020).

"Petugas medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Riau dan Diskes Kota Pekanbaru telah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien tersebut di Pekanbaru. Untuk sasaran penyemprotan disinfektan selain di kediaman pasien juga rumah tetangga sekitaran" kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Kamis.

Disamping itu, kata Mimi, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada keluarga pasien positif virus corona untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

"Setelah kami melakukan observasi dan bertemu keluarga pasien, kondisi kesehatan keluarga pasien baik-baik saja," kata Mimi.

Untuk langkah antisipasi lainnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau saat ini tengah mencari alamat rumah puluhan warga Riau yang sempat mengikuti tabligh akbar di Kompleks Masjid Sri Petaling, Malaysia, pada akhir Februari 2020 lalu. Sebab, pasien positif corona pertama di Riau tersebut punya riwayat baru pulang dari acara tersebut.

"Sedang kami cari alamat-alamatnya, siapa saja warga Riau yang ikut rombongan tabligh akbar ke Malaysia dan berinteraksi dengan pasien pertama yang positif corona kemarin. Kami juga meminta bantuan kepolisian dan Kemenkumham melalui imigrasi," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (19/3/2020).

Nantinya jika sudah terdata, kata Yan, maka tim medis akan segera mendatangi rumah warga tersebut untuk diperiksa kesehatannya.

"Kalau sudah ketemu, mereka ini akan diperiksa kesehatannya untuk mencegah penyebaran virus tersebut," kata Yan. ***