JAKARTA -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, merevisi kriteria kontak erat dengan pasien Covid-19. Revisi ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

CDC sebelumnya merumuskan kriteria kontak dekat atau kontak erat dengan pasien Covid-19 adalah berada pada jarak 6 kaki atau 1,8 meter selama 15 menit atau lebih dengan seseorang yang positif Covid-19.

Setelah dilakukan revisi, maka kini kriteria kontak erat adalah berada pada jarak 6 kaki atau 1,8 meter, selama waktu kumulatif 15 menit atau lebih dalam periode 24 jam dari pasien Covid-19.

Pedoman ini diperbarui menyusul adanya kasus seorang petugas penjara yang dites positif Covid-19 setelah melakukan 22 interaksi dengan narapidana yang juga terinfeksi Covid-19. Interaksi tersebut berlangsung selama delapan jam, atau sama dengan kurang lebih 17 menit per kontaknya.

Berdasarkan laporan dari CDC dan pejabat kesehatan di Vermont, petugas tersebut bisa tertular meskipun menggunakan masker, alat pelindung diri, hingga pelindung mata saat berinteraksi.

''Kasus ini menambah pengetahuan ilmiah terkait risiko kontak dekat dengan orang yang terinfeksi COVID-19, dan menyorot lagi pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan,'' kata CDC yang dikutip dari New York Post, Kamis (22/10/2020).

Ahli epidemiologi di Johns Hopkins Centers for Health Security, Caitlin Rivers, mengatakan bahwa definisi baru kontak dekat ini menjadi hal yang penting untuk mencegah penyebaran virus.

''Saya berharap (pedoman) ini akan memudahkan untuk menemukan banyak orang yang diidentifikasi sebagai kontak dekat,'' ujarnya. ***