BENGKALIS-Sebagai langkah dan upaya komitmen dan meningkatkan kinerja sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021, pejabat Administrator dan Pengawas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis menandatangani pakta integritas dan perjanjian kinerja.

Penandatanganan dilakukan pejabat struktural disaksikan Kepala Bapenda, Supardi di Aula Rapat Kantor Bapenda Jalan Sudirman, Senin (25/1/2021). Dan diikuti dengan penyerahan DPA 2021.

"Kita melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja pejabat struktural di lingkungan Bapenda. Hari ini pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Bapenda, kemudian tahap kedua seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT),"  ungkap Supardi.

Pada kesempatan itu Supardi juga menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2020. Diantaranya, tahun anggaran 2020 target penerimaan pajak dan realisasinya cukup baik meskipun menghadapi masa pendemi Covid-19.  Untuk mencapai target pendapatan di tahun 2021, Supardi mengingatkan ke jajarannya perlu kerja keras dan meningkatkan koordinasi yang lebih intensif.

Poin penting lainnya adalah seluruh jajaran agar segera mempersiapkan regulasi untuk merealisasikannya pelaksanaan kegiatan di lapangan.

"Kita berharap akhir Januari ini sudah ada aksi kawan-kawan ke lapangan baik penagihannya atau  UPT-nya," ujarnya.

Kemudian seluruh kepala UPT juga sudah diinstruksikan  untuk segera melakukan pendataan mulai Januari.  Di bagian lain Supardi juga mengingatkan kepada jajarannya untuk surat-surat administrasi yang berkaitan dengan wajib pajak juga harus dipercepat  di Januari atau awal Februari mendatang.

"Biasanya memang ini dimulai di pertengahan Februari baru dilakukan pendataan wajip pajak, akan tetapi untuk tahun ini dipercepat supaya target-target yang akan kita inginkan bisa capai dan dievaluasi untuk pertriwulannya," ujarnya.

Supardi juga berharap di tahun 2021 ini langkah-langkah dalam upaya peningkatan penerimaan daersh dari beberapa sektor akan terus dibenahi. Seperti teknis-teknis di lapangan, kemudian juga sarana pendukung termasuk aplikasi yang terus ditingkatkan dan meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

"Tahun ini tentu akan kita sesuaikan lagi teknis di lapangan, sarana prasarana pendukungnya, seperti aplikasi akan terus kita tingkatkan, termasuk kerja sama dengan instansi-instansi yang terkait," tutupnya.***