TELUKKUANTAN - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau semakin mudah dalam membayar Pajak Bumi Bangunan Pedesaan - Perkotaan (PBB P2).

Kemudahan itu didapat seiring telah lounching-nya PBB P2 Online oleh Bupati Kuansing Mursini, Kamis (19/12/2019) di Bapenda Kuansing.

PBB P2 Online merupakan program inovasi yang dibuat oleh Bapenda Kuansing dibawah pimpinan Jafrinaldi. Dengan adanya inovasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke Bapenda untuk bayar pajak.

"Cukup setor melalui ATM Bank Riaukepri setempat. Jelas lebih mudah dan praktis," ujar Jafrinaldi.

Untuk saat ini, lanjut Jafrinaldi, Bapenda Riau baru menerapkan pembayaran via ATM Bank Riaukepri. Ke depan, pihaknya bersama Bank Riaukepri akan meningkatkan layanan.

"Kita sedang kembangkan pembayaran melalui gadget atau melalui chanel-chanel yang sudah ada. Semuanya untuk kemudahan masyarakat," papar Jafrinaldi.

Sementara itu, Bupati Kuansing Mursini mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bapenda Kuansing. Ia pun mencoba melakukan pembayaran PBB P2 secara online via ATM Bank Riaukepri.

"Alhamdulillah, saya sudah merasakan kemudahan membayar PBB secara online. Kita patut bangga dengan inovasi ini dan saya berharap, masyarakat Kuansing memanfaatkannya," ujar Mursini.

Mursini pun meminta agar seluruh PNS di lingkungan Pemkab Kuansing membayar PBB P2 secara online.

"Mudah-mudahan, PAD kita semakin meningkat dengan adanya terobosan ini," harap Mursini.

Untuk memaksimalkan program inovasi ini, Bank Riaukepri membuka payment point di Bapenda Kuansing. Payment Point Bank Riaukepri ini diresmikan langsung oleh Bupati Mursini.

Sebelum itu, Mursini meneken MoU antara Pemkab Kuansing dan PT Bank Riaukepri yang ditindaklanjuti dengan PKS antara Bapenda Kuansing dan Bank Riaukepri. Selain itu, ada juga MoU antara Pemkab Kuansing dan PT PLN (persero).

Deni Mulya Akbar, Direktur Operasional Bank Riaukepri mendukung penuh inovasi yang dilakukan Bapenda Kuansing. Bahkan, Bank Riaukepri berkomitmen untuk mensukseskan program Pemkab Kuansing.

"Muara dari inovasi ini adalah peningkatan PAD dari sektor PBB, tentu Bank Riaukepri mendukung dan menyambut baik. Kami tetap berkomitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat," ujar Deni.***