TEMBILAHAN-Mengisi hari libur kerja, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Mukhtar T mengunjungi tambak ikan milik salah seorang warga yang terletak di Sungai Dusun, Kecamatan Batangtuaka, Sabtu (4/5/2019).

Dilahan seluas 5 hektare tersebut dipenuhi dengan pepohonan dan kolam ikan dengan 150.000 ribu ekor ikan lele dan patin di dalamnya.

Sambil mengelilingi tambak milik H Aziz itu, Mukhtar menceritakan bahwa tambak pengelolaan tambak tersebut dibawah pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Sekitar 6 bulan lalu dimasukkan bibit ikan sekitar 53.000 ekor, dan kita terus memberikan pembinaan kepada pemiliknya, bagaimana pengelolaanya termasuk pakan ikannya," jelas Muhtar.

Mengingat kerja keras selama 6 bulan tersebut berhasil dengan makin banyaknya jumlah ikan dan sudah siap dipanen, ia pun berharap usaha yang dilakukan oleh H Aziz ini bisa ditiru oleh masyarakat lainnya.

Tidak hanya itu, untuk mempublikasikan tempt ini, ia pun merencanakan akan menjadikan tambak tersebut sebagai salah satu ikon wisata pancing di Inhil.

"Nanti jika listriknya sudah masuk hingga ke sini, lokasi ini akan kita percantik, dengan membuat jembatan di tengah kolam. Yang jelas kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata," lanjutnya.

Sementara itu, H Aziz sang pemilik lahan menuturkan, bahwa tambak ikan miliknya ini berhasil dikelola berkat bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Inhil.

Ia pun menjelaskan, semua ditel diperhatikan dengan baik, seperti jumlah air dan makanan ikan.

"Kita kan daerah pasang surut, jadi saat air pasang airnya kita sedot dan keluarkan dari kolam. Pokoknya semuaya kita atur sebaik mungkin, hingga akhirnya berkembang baik seperti saat ini," terang H Aziz.(ayu)