SELATPANJANG - Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Riau, Dewa Putu Gede, datangi Cabrutan Kelas II Selatpanjang, Jumat (26/5/2017) siang. Kedatangan Dewa ke Cabrutan terkait kejadian kaburnya tahanan di Cabrutan Selatpanjang, Rabu (24/5/2017).

Pantauan GoRiau, Dewa beserta rombongan tiba di Selatpanjang Kepulauan Meranti, Jumat siang. Usai makan, rombongan menuju Cabrutan Selatpanjang di Beran pukul 15.00 WIB.

Sesampainya di Cabrutan, Dewa dan rombongan langsung mendatangi ruangan tempat 3 tahanan melarikan diri. Di sini, Dewa sempat bertanya-tanya dengan petugas Cabrutan terkait berhasilnya kabur.

"Upayakan dapati KTP istri (pelaku, red). Insyallah akan ketemu nantinya," kata Dewa kepada petugas Cabrutan Selatpanjang.

Lalu, Dewa dan rombongan meninjau ruangan tahanan wanita. Dewa juga sempat masuk ke ruangan tahanan anak.

Saat mengunjungi ruangan tahanan wanita, salah seorang staf Dewa melarang awak media untuk ikut masuk dengan alasan menjaga privasi. Namun, hanya awak media yang tak boleh masuk, sementara staf yang melarang dan beberapa lainnya tetap masuk.

Di ruangan tahanan perempuan dan anak, Dewa sempat berdialog dengan warga binaan.

Kepada awak media, Dewa mengatakan kehadirannya ke Selatpanjang Jumat siang untuk mengecek kebenaran terkait pelarian tahanan. Ia ingin melihat langsung lokasi kejadian, dan mencari informasi apa benar Cabrutan Selatpanjang tidak ada pos.

"Kalau benar, ini keajaiban di seluruh dunia," kata Dewa.

Hingga berita ini diterbitkan, Dewa masih melakukan aktivitas di Cabrutan Selatpanjang. ***