PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seharusnya didukung dengan peralatan yang memadai saat turun ke lapangan. Bahkan kalau bisa peralatan tersebut berteknologi terkini agar bisa bekerja lebih efektif dan efesien.

Demikian dikatakan anggota DPRD Riau, H Syafruddin Saan kepada wartawan, Kamis (21/2/2013). Menurutnya, dukungan teknologi tersebut sangat dibutuhkan melihat kondisi daerah rawan banjir dan bencana di Riau cukup spesifik dan sulit.

"Secara keseluruhan, kita termasuk negara yang lamban penanganan bencana. Padahal, daerah kita rawan bencana. Harusnya, yang dibenahi adalah pengembangan peralatan yang berbasis teknologi," tambah sekretaris Komisi A DPRD Riau ini.

Pada kesempatan itu, dia mencontohkan peralatan yang dimiliki BNPB dimana badan nasional itu sudah mempunyai beberapa unit mobil lengkap menghadang bencana. Mobil tersebut sudah dilengkapi alat penyedot air pada bencana banjir, memadamkan api ketika terjadi kebakaran serta bisa dioperasikan untuk menghadang longsor atau bencana lainnya.

''Seharusnya mobil multi fungsi ini dipinjamkan ke Riau karena Riau sangat membutuhkan. Saya tak tahu apakah pusat yang tak peduli atau memang BPBD yang tidak pro aktif meminjam ke pusat,'' ujarnya. (nti)