JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir mulai terjadi kemarin Sabtu 5 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB dan ada yang terbakar mulai pukul 16.00 WIB dan pukul 18.00 WIB kebakaran semakin membesar.

Wilayah yang terjadi kebakaran meliputi Kecamatan Pemulutan Barat di Desa Arisan Jaya dan Ulak Petangisan serta Kecamatan Inderalaya Utara Desa Sungai Rambutan atau tepatnya di kiri kanan jalan Palembang Inderalaya dengan titik kebakaran besar sebanyak 6 titik.

"Upaya pemadaman telah dilakukan sejak kemarin dengan melibatkan 3 unit helikopter mi 8 dan mi 17 yang berkapasitas bombing 4 ton melakukan 5 kali penerbangan dan melakukan water bombing sebanyak 147 kali water bombing, karena keterbatasan waktu terbang hanya sampai pukul 17.30 water bombing tidak dilanjutkan," ujar Humas dan Pusat Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin (7/8/2017) di Jakarta.

Pemadaman selanjutnya dilaksanakan oleh tim pemadaman darat terdiri dari unsur satgas BPBD Provinsi, BPBD Ogan Ilir, Manggala Agni, Pol PP Provinsi, TNI dan Polri setempat, dan terbatas dalam mobilitas personil dan peralatan, sehingga pemadaman tidak berlanjut sampai dini hari terakhir pemadaman darat pukul 23.12 WIB.

"Pemadaman juga dilanjutkan hari Minggu kemarin dengan melibatkan 3 unit helikopter Bolkow Mi 17 Mi 8 kapasitas 4 ton telah melakukan 4 kali penerbangan dengan total water bombing 215 kali serta satu helikopter bolkow dengan kapasitas 500 liter telah melakukan 3 kali penerbangan dengan bombing sebanyak 123 kali.

"Pemadaman darat juga terus dilakukan bersama tim gabungan BPBD Provinsi dan Kab. Ogan Ilir, Manggala Agni, Pol PP, TNI dan Polri serta tambahan satgas pemadaman dari Kabupaten OKI," tukasnya.

Pada operasi pemadaman darat pagi tadi Pangdam II Sriwijaya korem kodim BPBD prov Kab. Manggala agni Polres ikut dalam pemadaman darat bersama jajaran. Kondisi hari ini kata dia, terpantau ada 17 titik hotspot di OI yaitu Desa Arisan Jaya Ulak Rambutan Pemulutan dan di sepanjang kiri kanan jalan Indralaya.

"Operasi pemadaman udara hari ini dilakukan dgn 3 hely MI 17 MI8 dan hely Bolkow dari pukul 8 selesai pada pukul 17.30 sebagaian api sudah padam dan masih menyisakan spot kecil api kebakaran dan bisa dilanjutkan oleh tim pemadaman darat. Selanjutnya akan besok pagi tim satgas udara Hely MI 17 MI8 bolkow akan melanjutkan pembasahan dan pemadaman lagi," pungkasnya. ***