TELUKKUANTAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melakukan penggeledahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Telukkuantan, Selasa (16/2/2021) pagi.

Penggeledahan dipimpin langsung Kepala BNNK Kuansing, AKBP Syofian didampingi Kepala Lapas Telukkuantan, Yurdani. BNNK Kuansing datang dengan kekuatah penuh.

Tidak hanya kamar tahanan yang diperiksa, setiap tahanan juga dilakukan pemeriksaan dengan teliti. Hasilnya, tidak ada narkoba dan obat-obatan terlarang yang ditemukan.

"Lapas Telukkuantan clear and clean dari narkoba. Dalam penggeledahan ini, tidak ada ditemukan narkotika," ujar Sofyan.

Dikatakan Syofian, dirinya sudah beberapa kali menggali informasi mengenai peredaran narkoba di Lapas Telukkuantan. Dari penyelidikannya, tidak ada peredaran narkoba di sini.

"Saya orang reskrim. Saya buktikan sendiri memang di sini tak ada narkoba. Saat mulai bertugas di Kuansing, saya sudah melakukan penyelidikan dan memang tak ada di Lapas Telukkuantan," ujar Sofyan.

Kendati tak ada narkotika, BNNK Kuansing menemukan banyaknya obat-obatan, bungkus rokok, rantai dan pencabut kumis. Obat-obatan tersebut diperiksa satu-satu oleh BNNK Kuansing.

GoRiau Barang yang ditemukan BNNK Kua
Barang yang ditemukan BNNK Kuansing saat penggeledahan Lapas Telukkuantan. (foto: wirman susandi)

Kepala Lapas IIB Telukkuantan, Yurdani mengatakan bahwa obat-obatan tersebut merupakan resep dari dokter Lapas untuk warga binaan yang sakit.

"Kadang-kadang, kami seleksi juga obat-obatan ini, walaupun sudah ada rekomendasi dari dokter," ujar Yurdani.

Tidak hanya melakukan penggeledahan, BNNK Kuansing juga melakukan tes urine terhadap warga binaan. Setelah itu, BNNK memberikan penyuluhan hukum yang diikuti warga binaan Lapas Telukkuantan.***