DUMAI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru - Riau memprediksi pada malam takbir dan Hari Raya Idul Fitri akan diguyur hujan dengan intensitas sedang untuk wilayah Sumatera dan Riau.

Hal itu dikatakan Kasi Datin BMKG Stasiun Pekanbaru - Riau, Selamet kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Minggu (18/6/2017). Menurut pantauan BMKG, saat ini sedang terjadi sirkulasi MJO sedang aktif (suhu muka laut di Samudera Hindia Barat Sumatera menghangat, red).

"Berdampak untuk satu minggu kedepannya atmosfer di Indonesia bagian barat, termasuk Sumatera dan Riau, cukup basah. Sehingga peluang hujan akan meningkat," ulasnya.

Dikatakannya, potensi hujan ringan hingga sedang kadang lebat akan terjadi pada minggu depan. Juga masyarakat dihimbau untuk siap-siap saat malam takbir, maupun Hari Raya Idul Fitri akan diguyur hujan.

"Untuk prediksi malam takbir dan Hari Raya Idul Fitri harus dilihat lagi perkembangan cuaca menuju hari H. Info cuaca harian akan kita update melalui peringatan dini atau MEWS (Meteorologi Early Warning System)," jelasnya.

Ia juga mengingatkan untuk seluruh daerah di Riau bisa mengantisipasi jika terjadi hujan saat salat Idul Fitri, yang biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka.

"Jika terjadi hujan salat Idul Fitri tetap bisa dilaksanakan di dalam masjid yang melaksanakan salat tersebut. Untuk itu kiranya seluruh daerah di Riau bisa mengantisipasinya," katanya.***