RENGAT – Seekor beruang madu yang masuk ke rumah warga di Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau, Senin, 13 Februari 2023, berhasil dievakuasi.

Beruang itu sempat berkeliaran di sekitar pekarangan membuat masyarakat resah. Namun, warga setempat berinisiatif menangkap beruang tersebut dan melaporkannya ke Balai Besar KSDA Riau.

Sehari setelah kejadian, Kepala Resort Kerumutan Utara (Pos Kapau), Bapak Sehat Nasution, bersama tim melakukan pengecekan untuk mengevakuasi beruang yang berusia sekitar 1 tahun tersebut.

Setelah melewati proses evakuasi yang berlangsung selama beberapa jam, beruang tersebut berhasil dievakuasi pada Selasa, 14 Februari 2023, dan kondisinya terlihat sehat.

"Beruang tersebut dibawa oleh suku Kubu kemudian ditinggal di desa Alim," ungkap Ketua RT setempat. Pada Rabu pagi, 15 Februari 2023, satwa yang dievakuasi tiba di kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan, menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif masyarakat yang turut serta dalam menyelamatkan satwa beruang madu tersebut. "Evakuasi dan penyelamatan satwa beruang madu ini berhasil dilakukan berkat kerjasama yang baik antara masyarakat, Bhabinkamtibmas, dan tim KSDA Riau," ujarnya.

Evakuasi dan penyelamatan satwa yang dilakukan di Desa Alim, Batang Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau, tidak hanya mendapat apresiasi dari Kepala Balai Besar KSDA Riau. Berbagai kalangan juga memberikan dukungan terhadap aksi penyelamatan ini dan mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga keberlangsungan hidup satwa di sekitar kita. (kl4)