PEKANBARU - BMKG Stasiun Pekanbaru merilis data prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Jumat (2/12/2022). Dilaporkan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau.

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau," ujar Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah.

"Pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai," imbuhnya.

Dijelaskan, siang hari tak ada potensi hujan, cuaca cenderung cerah berawan. Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau.

Kemudian, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan dan juga Kuantan Singingi.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya.

Kondisi itu, kata dia, berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Pelalawan dan Bengkalis, pada sore dan malam hari," sebutnya.

Lebih lanjut dia berujar, bahwa suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 10 - 36 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. ***