PEKANBARU - Kepala Kepolisian Resor Kota Dumai Provinsi Riau, AKBP Suwoyo, mendapat penghargaan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti, di Jakarta, Selasa (26/1/2016) siang tadi.

Komisioner Kompolnas RI, Irjen Purn Logan Siagian, yang dihubungi GoRiau.com dari Pekanbaru membenarkan hal tersebut, dimana AKBP Suwoyo menjadi salahseorang Kapolres yang mendapatkan penghargaan (Kompolnas) Awards, pada kategori Kapolres terbaik se-Indonesia.

"Ada 46 Kapolres se-Indonesia yang kita seleksi, hasilnya ada sembilan yang berkategori terbaik, termasuk Kapolres Dumai," ungkap Logan diujung sambungan telpon. "Kategorinya sebagai Kapolres yang berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya dan mampu berinovasi menjadi yang terbaik," sebut dia.

Penghargaan tersebut bukan diraih dengan mudah. Irjen Purn menegaskan, bahwa ada seleksi penilaian yang ketat yang dilakukan Kompolnas untuk menentukan putusan tersebut. "Kita cek dan pastikan, kita turunkan tim ke daerah (Polres) untuk melihat sepak terjang mereka," ulas Logan.

Kategori lainnya, yakni dengan melihat sejauh apa kondusifitas daerah yang dipimpin oleh Kapolres tersebut. "Kategori lain, mereka yang terbaik ini bekerja melebihi batas dalam mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat," kata dia.

Bahkan sembilan orang kandidat ini juga dipanggil ke pusat untuk menjalani fit and propertest. "Hasilnya sembilan orang ini yang terbaik. Tujuan pemberian awards itu untuk memotivasi polisi lainnya untuk mengabdi semaksimal mungkin dan sebagai revolusi mental," tutupnya.

Berikut sembilan Kapolres/ta yang mendapat Kompolnas Awards tahun 2015 :

1. AKBP Singgamata selaku Kapolres Malang Kota Polda Jawa Timur.

2. AKBP M. Hidayat selaku Kapolres Pangkep Polda Sulawesi Selatan.

3. Victor Togi Tambunan selaku Kapolres Tanah Karo Polda Sumatera Utara.

4. Kombes Pol Wahyu Hadiningrat selaku Kapolres Jakarta Selatan Polda Metro Jaya.

5. Kombes Pol Hendro Pandowo selaku Kapolres Jakarta Pusat Polda Metro Jaya.

6. AKBP Sabilul Alif selaku Kapolres Jember Polda Jawa Timur.

7. AKBP Harseno selaku Kapolres Way Kanan Polda Lampung.

8. AKBP Suwoyo selaku Kapolres Dumai Polda Riau.

9. AKBP Lutfie Sulistiawan selaku Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah. ***