JAKARTA - Puluhan Polisi Wanita (Polwan) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang tergabung dalam 1 Pleton Kartini Korps Bhayangkara, memamerkan atraksi kolone senjata di tengah car free day (CFD), kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (28/04/2019).

Dalam aksi yang ditujukan untuk memperingati Hari Kartini yang bertepatan dengan tanggal 21 April itu, Kartini Korps Bhayangkara menggunakan senapan serbu 1 (SS1) dengan berat 4 kg.

Sejumlah formasi dipamerkan oleh mereka kepada masyarakat yang tengah berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Mereka membentuk formasi X hingga formasi domino.

Di tengah-tengah pertunjukan, pimpinan Pleton, Iptu Subiyarti, sempat mengejutkan masyarakat ketika melempar senjata ke belakang dengan posisi menghadap ke depan. Senjata tersebut pun mendarat dengan mulus di tangan Bripda Shifa.

Subiyarti menjelaskan atraksi tersebut dipersiapkan dalam waktu yang cukup singkat. Ini mengingat mereka memiliki kesibukan setiap harinya dalam mengatur lalu lintas Ibu Kota.

“Jadi untuk (latihan) mendekati acara dua minggu, tapi pada dasarnya mereka sudah memiliki keterampilan (atraksi),” ujar Subiyarti kepada wartawan.

Pelatih kolene senjata, Ipda Hari Santoso menuturkan, atraksi ini menunjukkan kesigapan Polwan dalam menjamin keselamatan masyarakat dan menanggulangi ancaman yang mungkin timbul saat bertugas.

"Polisi tidak hanya mengatur lalu lintas, dia memiliki kemapuan lain. Kemampuan menembak, kemampuan bela diri. Ketika di lapangan ada suatu hal, dia bisa menggunakan kemampuan bela diri dan menggunakan senjata," jelas dia.***