SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) akan menyiapkan 5 ribu ekor sapi untuk peternak.

Pihak dinas juga sudah menerima sejumlah proposal usulan calon penerima bantuan sapi program strategis bupati dan wakil bupati (Adil - Asmar) di tahun 2022 itu. Ada sebanyak 5 ribu sapi yang bakal disiapkan. Setiap kelompok akan menerima 100 sapi dengan syarat mutlak yang telah ditetapkan, salah satunya harus memiliki luas lahan yang cukup.

"Calon penerima harus memiliki lahan untuk ternak. Minimal 10 ekor itu satu hektare. Kemudian harus ditanami rumput dulu sebagai pakan, baru terima sapinya," jelas Kadis DKPTPP Kepulauan Meranti drh Sri Novriani melalui Kabid Peternakan drh Syafrilia Wulandari, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, inisiatif bupati memberlakukan syarat yang diminta agar calon penerima bisa serius dalam memelihara. Karena realisasi program tersebut bukan hanya sekedar mengusulkan, namun harus diperhatikan segala persiapannya sebelum menjalankan.

"Makanya pak bupati tak main-main soal pengadaan sapi ini. Jangan sampai hanya mengusulkan saja, tapi tidak diikuti ketentuannya," tegas Syafrilia.

Tak hanya itu, jika seandainya nanti peternak sudah menjalankan program tersebut, mereka diminta memperhatikan pakan ternak dengan baik. Pihak dinas akan membantu memberikan bibit rumput yang dibutuhkan agar ditanami di lahan yang sudah disiapkan.

"Kebutuhan rumput untuk pakan sapi minimal 10 persen dari berat badannya. Kalau misal berat badannya 150 kilogram minimal rumput yg harus diberikan adalah 15 kilogram per hari. Jika ingin pertumbuhan berat badannya lebih baik maka harus dilengkapi dengan makanan tambahan (konsentrat)," pungkasnya.***