PEKANBARU - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang tidak mencapai target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk triwulan III Tahun 2020. Hal ini berdasarkan evaluasi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada Rabu kemarin.

"Dari evaluasi kita, ada beberapa OPD yang tidak capai target. Kita beri ketegasan agar segera mengoptimalkan pendapatan dari sektor yang ada," ujarnya, Kamis (27/8/2020).

Sementara itu, Jamil juga mengatakan bahwa penurunan target PAD memang mengalami penurunan, dari Rp826 miliar menjadi Rp530 miliar, akibat pandemi Covid-19 yang melemahkan perekonomian.

"Target kita yang sekitar Rp800 miliar itu dikurangi, kemudian kita minta agar setiap OPD dapat berinovasi dan memaksimalkan dalam menggali potensi PAD yang ada. OPD penghasil PAD dibuatkan komitmen atau fakta integritas untuk mampu mencapai target yang telah ditetapkan," terangnya.

Selain itu, Jamil juga meminta agar setiap OPD bisa berhemat dan melakukan belanja anggaran sesuai skala prioritas. Apalagi saat ini anggaran pemerintah kota fokus pada penanganan covid-19. ***