SELATPANJANG - Menjelang berlangsungnya Pemilu yang hanya tinggal hitungan hari tepatnya pada 17 April 2019 mendatang, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsurizal SIp, mengajak masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau untuk menolak dan melawan politik uang.

Ajakan itu diungkapkan Syamsurizal pada kegiatan Apel Siaga Pengawas Pemilu yang dikemas dengan Jalan Santai yang dilakasanakan Bawaslu Kepulauan Meranti, bertempat di Kolam Telaga Bening (depan BPKAD), Jalan Merdeka, Selatpanjang, Minggu (14/4/2019) pagi.

Tampak hadir Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti Syamsudin SH MH, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH, Kakan Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang Maryana SSos, Sekretaris KPU Edison, Dishub dan Pengurus Partai Politik serta ratusan masyarakat yang mengikuti kegiatan Jalan Santai.

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal SIp, dalam sambutannya menyebutkan bahwa berbagai tahapan jelang pemilu 2019 telah dilalui.

Ads
"Tahapan Masa Tenang telah masuk hari ini, jadi tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang bernuansa politik yang dilakukan dalam masa tenang ini," ujarnya.

Dijelaskan Syamsurizal, suhu pemilu di tahun 2019 ini luarbiasa hangatnya dan itu dapat dilihat dari perbincangan-perbincangan masyarakat yang nongkrong di kedai kopi.

"Masyarakat kita pada umumnya no money no milih, jadi mindset ini yang harus dirubah jangan tidak dikasi uang mereka tidak memilih, karena akibat praktek-praktek politik uang lah yang merusak dan mengotori pesta demokrasi," jelasnya.

Untuk itu, Syamsurizal juga mengajak untuk menciptakan pemilu yang bersih dan berjalan dengan aman dan damai di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Mari sama-sama kita menciptakan pemilu 2019 baik Pilpres maupun Pileg agar bisa berjalan lancar, aman dan damai," ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH, mengaharapkan kegiatan ini tidak hanya seremonial akan tetapi bisa membangkit antusias masyarakat untuk menuju TPS dan menentukan pilihannya.

"Suara anda adalah harapan bangsa untuk 5 Tahun kedepan. Untuk itu mari sama-sama kita mensukseskan pemilu 2019 ini," ingatnya.

La Ode juga berharap dalam tugas penertiban bisa melaksanakan dengan baik jangan ada gesekan-hlgesekan yang bisa menimbulkan gejolak ditengah-tengah masyarakat.

"Semoga pemilu tahun ini bisa terlaksana dengan baik. Namun semua itu tentu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak baik, penyelenggara, pengawas pemilu maupun masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Setdakab Meranti Syamsudin SH MH, menyambut baik atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kepulauan Meranti.

"Dengan kegaiatan ini nenunjukkan kepada masyarakat bahwa Bawaslu serius dalam menolak politik uang, dan dengan kerja keras akan membuahkan hasil yang maksimal dalam menciptakan pemilu yang bersih, aman dan damai nantinya," ujarnya.

Dijelaskan Saymsudin, dalam menciptakan pesta demokrasi yang bersih, aman dan damai harus saling bersinerginya antara pihak penyelenggara demokrasi dengan masyarakat.

"Pesta Demokrasi ini dari rakyat kepada rakyat dan untuk rakyat. Untuk itu mari-sama kita menyukseskan pemilu 2019 ini," ajaknya.

Untuk diketahui, kegiatan Jalan Santai dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dengan Star di Jalan Merdeka, menuju Jalan Imambonjol dan Jalan Siak, kemudian dilanjutkan ke Jalan Diponegoro dan kembali ke Jalan Merdeka. Kemudian pencabutan kupon bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan berbagai hadiah yang telah disediakan.***