PEKANBARU - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Organisasi Santri Tani (SANTANI) Provinsi Riau Ahmad Yayah, telah resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP SANTANI Asep Miftahudin, Jumat, (29/1/2021).

Pelantikan tersebut disaksikan Gubernur Riau Syamsuar, diwakili oleh Salmon Ginting, selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Setdaprov Riau. Turut hadir Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Riau Sciene Technopart, dan Dewan Pakar DPW Santani Riau KH Moh Targhib.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Yahya menceritakan bahwa dalam kemajuan teknologi, organisasinya perlu melakukan perancangan dan pengembangan sektor perekonomian secara mandiri. Dimana, produk pesantren harus mengalami perkembangan demi kesejahteraan pondok pesantren itu sendiri.

"Langkah awal kami adalah memajukan kesejahteraan pondok pesantren di segala sektor. Sektor yang akan dikembangkan selain perkebunan, yakni, produk maupun sistem marketing yang baik dan benar,"ujarnya usai pelantikan.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Santani Asep, memberikan pencerahan setiap organisasi baru wajib mengembangkan sayap dari hulu hingga hilirny, yakni mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota.

Menurutnya, jika ini tercapai secara maksimal, maka progam apa saja yang bisa masuk dan dikelola oleh organisasi SANTANI, akan berjalan dengan sendirinya.

"Kami akan terus mendorong kemajuan DPW Santani diseluruh nusantara, salah satunya Provinsi Riau yang baru saja dilantik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dewan Penasehat DPW Santani Riau Kh Moh Targhib menjelaskan, santri-santri yang ada di pondok pensantren sudah sewajarnya mempunyai potensi mandiri sesuai dengan bidang masing-masing. Setidaknya, bisa menghidupi perekonomian keluarga yang mendasar.

"Berbagai ilmu yang ada di pondok pesantren, saya rasa tidak diragukan lagi, mereka dapat bersenergi disektor manapun. Oleh karenanya, manfaatkan organisasi ini sebaik mungkin," ungkapnya.

Disamping itu, Salmon Ginting selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Setdaprov Riau, juga mengimbau agar SANTANI Provinsi Riau dapat bersinergi dengan pemerintah untuk menunjang perkembangan pembangunan serta kemajuan sektor ekonomi.

"Harapan saya, SANTANI Riau, dapat mengembangkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Mari sama-sama berkolaborasi bagaimana memanfaatkan alokasi dana pusat, untuk memajukan Riau dalam berbagai sektor kedepannya", tutupnya.***