JAKARTA - Pameran teknologi industri terbesar dan terlengkap di Indonesia yang dipusatkan di Jakarta Convention Center menarik minat Pemerintah Kabupaten Siak untuk terbang ke Jakarta mengikuti perhelatan akbar tersebut. Banyak ilmu dari teknologi industri yang dapat ditiru dan diterapkan di Kabupaten Siak.

Utusan Pemkab Siak yang menghadiri pameran itu Asisten III Setdakab Siak Jamaludin, Kadis Kominfo Siak Afran Usman serta sejumlah pejabat lainnya yang terkait teknologi terkini bidang industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, K3 dan pengembangan kota cerdas.

Kadis Kominfo Siak, Arfan Usman kepada GoRiau.com mengatakan teknologi industri terbesar seperti Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo PoolTech, Indo Security, Indo Firex 2019 Expo & Forum dan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) Jakarta 2019 ikut berpartisipasi. 

Pameran dan Forum ini digelar pada tanggal 17 - 19 Juli 2019 ini juga banyak diikuti beberapa industri ternama, antara lain Vinilon, Rucika, Indo Bara, Wilo Pump, Maxon Price, Hantech George Fisher, Tsurumi Pump, Pindad, Sritex, Wilfina, Naffco, Ziegler, Al knoory, Telkom, Philips, Amazon Web Service, Cyviz, dan Tibco.

"Jadi sangat merugi jika kita tidak mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Napindo Media Ashatama ini. Karena kegiatan pameran dan forum yang akan menampilkan konsep dan inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup, sehingga akan membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable) dapat kita tiru dan terapkan di kabupaten Siak," kata Arfan memaparkan.

Kegiatan yang diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara ini juga melangsungkan beberapa forum dan kegiatan besar antara lain Indonesia International Smart City Forum 2019 akan berlangsung pada tanggal 17 - 18 Juli 2019 dengan tema “Powering Public Services: Uniting Resources Within Synergy, Innovation and Collaboration Governance” yang akan mengundang kementerian dan lembaga terkait pembangunan smart city di Indonesia.

"Sama dengan Siak yang menuju Smart City, pembahasan dalam forum itu dapat kita jadikan ilmu baru. Dan acara ini banyak dihadiri oleh instansi pemerintahan dan profesional. Sebab penyelanggara tidak mengenakan biaya masuk kepada pengunjung," sebutnya lagi. ***