SIAK SRI INDRAPURA - Kabar peristiwa terbakarnya bangunan Rutan Siak II B, Sabtu (11/5/2019) dini hari tadi membuat heboh Riau hingga Nasional. Pemkab Siak dalam hal itu segera cepat tanggap untuk membantu proses pemindahan narapidana ke sejumlah Rutan yang ada di Riau.

Asisten III Setda Siak Drs H Jamaluddin yang ditemui GoRiau.com di lokasi kejadian menyebutkan dari 27 bus yang dibutuhkan untuk mengangkut 600 an narapidana Rutan Siak, Pemda sangat siap untuk menyediakan sarana transportasi. 

"Begitu mendapat kabar peristiwa ini, Pak Bupati Alfedri langsung meminta kami segera tanggap membantu apa yang dibutuhkan. Kami saat ini sedang menyiapkan sejumlah bus dari yabg dibutuhkan untuk mengangkut napi," kata Jamaludin. 

"Bangunan ini semuanya terbakar, dan Napi harus dipindahkan ke Lapas terdekat dengan Siak. Ada sekitat 610 napi yang bakal dipindahkan dan dibutuhkan 27 bus, sampai saat ini sudah kita dapat 10 bus. Ini masih terus kita usahakan mencari tambahan," sebutnya lagi. 

Ads
Tidak hanya soal pengadaan Bus, Pemda Siak juga sudah memberikan 50 dus air mineral untuk para napi yang saat ini masih diamankan oleh aparat penegak hukum di wilayah Polres Siak. 

"Bahkan kita juga siapkan tenaga medis untuk memberikan pengobatan jika nanti diperlukan. Sejumlah perusahaan di Siak sudah memberikan laporan soal bantuan bus yang mereka kirimkan," kata Jamaludin lagi. 

Pantauan GoRiau.com di lapangan, para napi masih tetap bertahan di dalam rutan yang bangunannya sudah terbakar. Tentunya tetap dalam penjagaan ketat aparat hukum. Sementara di luar komplek Rutan, masyarakat penasaran dengan peristiwa itu dan datang melihat dari batas yang diberikan Polisi.  ***