JEMBER - Pandemi virus corona telah meningkatkan kepedulian masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu. Salah satu buktinya adalah kehadiran toko pakaian dan perabot gratis di Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Dikutip dari Kompas.com, toko yang didirikan sekelompok warga ini menggratiskan pakaian dan perabot untuk warga miskin dan warga terdampak Covid-19.

Toko ini sengaja dibuka untuk membantu masyarakat miskin atau terdampak Covid-19 yang tidak bisa membeli pakaian atau perabot baru menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Di toko yang diberi nama ''sharing caring'' ini disediakan busana pria dan wanita berbagai ukuran. Juga tersedia peralatan rumah tangga, di antaranya gelas, piring, sendok, garpu dan kompor.

''Kita tidak menjual, kita benar-benar memberikan, tetapi ada batasan. Setiap orang bisa mengambil dua potong pakaian,'' ujar Koordinator Toko Gratis Feni Alvira dikutip dari Kompas TV, Rabu (20/5/2020).

Sejumlah warga merasa terbantu dengan adanya toko gratis ini karena mereka bisa berlebaran dengan baju dan perabot baru.

''Senang banget dapat bantuan baju baru. Ngambil busana muslim untuk anak saya yang kecil. Belum ada (toko gratis), cuma di sini,'' ujar warga bernama Lutfiyana.

Warga yang datang diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan.

Toko yang buka setiap hari Sabtu mulai pukul 08.00-12.00 WIB ini juga menerima sumbangan barang bekas layak pakai.***