PEKANBARU - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau beda data lagi soal berapa jumlah pasien positif Corona (Covid-19) yang ada di Riau. Seperti hari ini, Juru Bicara Pemerintah Pusat terkait Penanganan virus Covid-19, Achmad Yurianto telah mengumumkan bahwa ada penambahan satu pasien positif Covid-19 di Riau. Namun, data tersebut kembali dibantah oleh Pemprov Riau.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir pun menegaskan, bahwa sampai saat ini di wilayahnya belum ada penambahan kasus positif Covid-19.

"Riau masih satu pasien yang dulu. Kalau dilihat dari data nasional ini, salah satu pasien postif dari rumah sakit di Riau, dan tidak disebutkan nama rumah sakitnya. Nama pasien yang tertera setelah kami cek juga tidak ada nama pasien positif itu yang dirawat di Riau," jelas Mimi di Pekanbaru, Kamis (26/3/2020).

Sehingga Mimi pun menyimpulkan berkemungkinan besar pusat salah input data lagi. "Bisa jadi salah input," ujarnya.

Di kesempatan ini juga, Mimi mengatakan bahwa kondisi satu-satunya pasien positif Covid-19 di Riau semakin membaik, bahkan hasil swab pasien tersebut untuk ketiga kalinya sudah dinyatakan negatif.

"Pasien pertama positif Covid-19 kemarin sudah membaik kondisinya. Hasil swabnya sudah tiga kali negatif, namun pasien tersebut masih dalam masa isolasi. Masih ada pemeriksaan swab dua kali lagi, kalau negatif baru dikoordinasikan dengan tim kesehatan, apakah boleh pulang atau tidak," imbuhnya. ***