PEKANBARU - Proyek pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang tengah dibangun di Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Riau menyebabkan kawasan tersebut menjadi banjir.

Genangan air tersebut dapat dilihat di Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Mangga dan juga Jalan Durian. Padahal hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut, Selasa (26/10/2021) tidak berlangsung lama.

Surya, salah seorang warga setempat mengatakan sebelum adanya pengerjaan IPAL lokasi tersebut memang sering digenangi air, namun semenjak adanya pengerjaan IPAL Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Mangga dan Jalan Durian menjadi lebih parah.

"Kami sering lihat pekerja proyek ini (IPAL) buang air bekas galian ke parit, tapi air itu juga ada pasirnya jadi aliran air malah tersumbat," kata Surya.

GoRiau Banjir di daerah Sukajadi, Pek
Banjir di daerah Sukajadi, Pekanbaru. (foto: herianto wibowo)

Surya juga mengaku pusing karena selain mengakibatkan banjir, proyek IPAL juga menyebabkan jalanan menjadi rusak dan juga menimbulkan lubang dimana-mana.

Pantauan GoRiau.comdi lapangan akibat banjir tersebut banyak pengendara sepeda motor yang mengalami mati mesin karena pengendara memaksakan diri untuk melintasi banjir ini.

GoRiau Proyek IPAL di sekitaran Sukaj
Proyek IPAL di sekitaran Sukajadi, Pekanbaru. (foto: herianto wibowo)

Selain itu pengendara juga dipaksa harus lebih berhati-hati lagi saat melintasi jalan tersebut karena banyaknya lubang yang tidak terlihat akibat tertutup oleh banjir.

"Warga tentu hanya bisa berharap proyek ini cepat selesai, terus air dari galian juga jangan lagi dibuang di parit," ucap Surya. ***