PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Parisman Ihwan mengimbau kepada para orang tua untuk lebih menjaga anaknya dari kegiatan-kegiatan balap liar yang membahayakan nyawa mereka maupun orang lain.

Dikatakan pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini, pandemi covid-19 memang membuat para peserta didik lebih banyak di luar rumah, karena kegiatan belajar di sekolah ditiadakan dan diganti kegiatan belajar online.

"Artinya, para peserta didik punya banyak waktu luang, ditambah lagi pengawasan terhadap mereka menjadi berkurang," ujar Politisi Golkar ini kepada GoRiau.com, Rabu (20/1/2021).

Oleh karena itu, pengawasan orang tua dalam mengontrol anak-anaknya sangat diperlukan untuk mengantisipasi maraknya balap liar yang dikeluhkan oleh sejumlah masyarakat.

Kemudian, Iwan juga berharap pihak kepolisian bisa mengambil tindakan preventif atau pencegahan dan tegas, mengingat anak-anak muda ini cukup 'cerdik' dalam mencari lokasi balap liar.

"Sebelumnya kan di Stadion Utama Panam, kemudian pindah ke Rumbai, sekarang mereka di Kantor Walikota. Saya juga apresiasi kepolisian yang sudah mengambil tindakan tegas dengan menahan kendaraan mereka, semoga ini bisa memberikan efek jera," katanya.

Diakui Iwan, lokasi perkantoran walikota memang cukup sepi dengan kondisi jalan masih baru, sehingga menjadi alasan anak-anak muda di Pekanbaru untuk memacu kendaraannya sehingga tercipta lokasi balap liar.

"Intinya, harus ada peran dari semua pihak, mulai dari keluarga hingga instansi terkait. Karena kita tidak mau ada korban jiwa dalam fenomena balap liar ini," tutupnya.***