PEKANBARU – Sebutan Riau Unggul tidak hanya sekedar bacaan semata, itu dibuktikan dari berbagai prestasi yang telah didapatkan.

Satu diantaranya yakni melalui bidang olahraga, dipersembahkan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) asal Riau yang berhasil membawa 27 medali pulang ke Bumi Melayu usai mengikuti Asean Para Games XI tahun 2022 di Solo Provinsi Jawa Tengah.

Atas prestasi tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku senang dengan prestasi yang telah ditorehkan anak-anak Riau.

"Ini suatu prestasi yang menggembirakan. Atlet Asean yang membawa nama baik Indonesia sekaligus nama baik Riau," kata Gubernur Syamsuar saat silaturahmi dengan Atlet NPCI asal Riau, di Balai Pelangi Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau, Senin (8/8/2022).

Bertepatan dengan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, atlet NPCI asal Riau pulang dengan membawa prestasi usai bertarung di Asian Para Games XI. Menurut Gubri, itu adalah salah satu bukti Riau Unggul.

"Artinya ini suatu prestasi yang amat membanggakan, sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-65 Provinsi Riau. Ini salah satu yang disebut dengan Riau Unggul," ujarnya.

Tidak hanya itu, dari bidang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Provinsi Riau juga unggul.

"Prestasi apa sajalah, alhamdulillah Riau cukup menggembirakan, semuanya naik, baik MTQ ataupun olahraga. Untuk itu mari terus kita pelihara ini agar nanti anak-anak Riau terus berprestasi," pungkas Gubernur Syamsuar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat melaporkan jumlah medali yang berhasil dibawa pulang oleh atlet NPCI asal Riau sebanyak 27 medali, dengan rincian medali emas 15, medali perak 10, dan medali perunggu 2.

"Selamat kepada para atlet, alhamdulillah kita juga bersyukur penyelenggaraan Asean Para Games XI dapat berjalan dengan baik dan sukses, serta yang terpenting adalah para atlet dan official dalam keadaan sehat walafiat," ucap Boby. ***